Pola Pendekatan Terhadap Masyarakat Sebagai Join Prevention Dalam Ciptakan Kamtibmas Kondusif

Tribratanews.polri.go.id, Polda Jambi – Guna menciptakan Kamtibmas yang kondusif, jajaran Bhabinkamtibmas dan personel Sabhara Res Tanjabbar melakukan kegiatan Pola Sambang dan Patroli dialogis kepada masyarakat. Kegiatan ini merupakan rutinitasj keseharian yang menjadi program unggulan Res Tanjab Barat.

2882_Seperti diungkapkan oleh Kapolres Tanjabbar AKBP Agus Sumartono, SIK, SH, MH, bahwa pola pendekatan masyarakat oleh para personel Polri khususnya para Bhabinkamtibmas dan anggota Patroli di Jajaran, ungkapnya pada Rabu (03/5).

Menurutnya, pola sambang Bhabinkamtibmas rutinitas adalah sambang dari pintu ke pintu ( door to door), Poskamling Keliling,  sambang sekolah, sambang masyarakat pesisir perairan, jumatan keliling, subuh keliling dan patroli dialogis.

“Rutinitas ini sudah kita lakukan awal tahun 2016, dan masih berjalan,” ucap Kapolres.

BACA : Pola Sambang Bhabinkamtibmas Door To Door Tampa Pamrih

1149_Selain itu, peran Bhabinkamtibmas juga melakukan deteksi dini , pemolisian komunitas, bermitra dengan masyarakat  serta membantu penyelesaian permasalahan masyarakat khususnya yang berada di perairan.

BACA : Patroli Sambang Polmas Pesisir Polres Tanjabbar Antisipasi Konflik Masyarakat Perairan

Juga peran personel Satsabhara melakukan patroli kawasan daerah rawan di jajaran, yang lmerupakan kegiatan rutinitas guna mengantisipasi kriminalitas khususnya pada saat liburan panjang.

BACA : Patroli Dialogis Personel Sabhara Dan Bhabinkamtibmas Antisipasi Liburan

Pola kegiatan tersebut tidak semata dilakukan oleh personel Polri, akan tetapi mengajak masyarakat dengan pola pemolisian yang merujuk pada peran masyarakat dalam menjaga keamanan di wilayahnya.

Kapolres menambahkan beberapa instansi seperti Satpol PP, TNI, Tokoh masyarakat sangat mendukung dalam membantu memelihara Kamtibmas ini.

“Alhamdulillah, sampai saat ini masyarakat dan instansi lain mendukung dalam membantu menciptakan situasi di Tanjabbar ini,” ungkapnya.

Kegiatan Bhabinkamtibmas dan personel Sabhara dengan merangkul masyarakat dan instansi lain untuk menciptakan Kamtibmas adalah, “Join Prevention” .

Fungsi lain yang dikedepankan, baik Reskrim, Intel, Lalu lintas dan Staf mengemban fungsi yang sama sesuai dengan bidang tugasnya.

Kring Serse, Kring Intel serta Patroli Kawasan dibutuhkan dalam menekan kejahatan.

Memang setiap bulan, kita selalu evaluasi kompetensi Bhabinkamtibmas melalui pertemuan bulanan di Polres.

BACA JUGA : Tingkatkan Interpersonal Skill Kapolres Cek Satu Persatu Personel Bhabinkamtibmas Berbicara

“Saya berharap, kesadaran masyarakat membantu aparat dalam menciptakan rasa aman,”  ucap Agus.

Penulis : Lilik Adhi

Editor : Umi Fadilah

Publish : Lilik Adhi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password