Direktorat Lalu Lintas Polda Gorontalo Laksanakan Sosialisasi Perma No 12 Tahun 2016 Dan Implementasi E – Tilang

Tribratanews.polri.go.id Polda Gorontalo, Khsusnya Direktorat Lalu Lintas Polda Gorontalo laksanakan Sosialisasi dan implementasi E-Tilang dan peraturan MA (Perma) Nomor 12 tahun 2016 tentang “Tata Cara Penyelesaian Perkara Pelanggaran Lalu Lintas” di Gedung Grand Place Kota Gorontalo, Kamis 04 Mei 2017 Pukul 09.00 Wita.

Sosialisasi ini dibuka langsung oleh Kapolda Gorontalo Brigadir Jendral Polisi Drs. Rachmad Fudail, MH dan dihadiri oleh Direktur Kamsel Korlantas Polri Brigadir Jendral Polisi Dr. Chrysnanda Dwilaksana M.Si, Rombongan dari MA, Kejaksaan Agung dan BRI Pusat, Ketua Pengadilan Tinggi Gorontalo, Kepala Kejaksaan Tinggi Gorontalo, Para Pejabat Utama Polda Gorontalo, Pimpinan Cabang BRI Provinsi Gorontalo, serta -+ 170 peserta sosialisasi.

Dalam sambutannya Kapolda Gorontalo, menyampaikan selamat datang kepada Dir Kamsel Korlatas Polri beserta rombongan di Gorontalo, semoga kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini dapat berjalan dengan baik sebagaimana yang kita harapkan bersama.

Sosialisasi ini merupakan hal yang sangat penting untuk dilaksanakan, guna menambah wawasan kita dalam pemahaman terhadap pelaksanaan E-Tilang, serta tata cara penyelesaian perkara pelanggaran lalu lintas. Yang paling penting, kegiatan ini juga menjadi momen yang baik dalam upaya pembentukan sarana kontak untuk menyamakan pandangan dan persepsi dalam mewujudkan sinergitas tentang penyelesaian perkara pelanggaran lalu lintas khususnya di jajaran lalu lintas Polda Gorontalo.

Kapolda Gorontalo juga menyampaikan, berbagai jenis pelayanan yang diberikan kepada masyarakat harus mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Polri maupun instansi terkait lainnya sebagai perwujudan adanya perubahan dan kinerja.

Menyikapi perkembangan tersebut, Polda Gorontalo sebagai salah satu bagian dari pemerintah yang wajib memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, bersama instansi terkait terus berupaya meningkatkan pelayanan berbasis IT kepada masyarakat di Provinsi Gorontalo berupa pelaksanaan penindakan dalam penyelesaian terhadapa setiap pelanggaran lalu lintas dan angkutan jalan melalu mekanisme penanganan tilang berbasis online, guna mempersempit peluang terjadinya praktek pungli yang dilakukan oleh oknum dilapangan.

Untuk itu, Upaya penanganan E-Tilang dan penyelesaian perkara pelanggran lalu lintas ioni harus diwujudkan melalui komitmen dan kerja sama, serta sinergitas yang baik dari dari seluruh Stakeholders yang ada, dengan tetap berpegang teguh pada ketentuan pelaksanaan yang disesuaikan dengan tugas pokok masing-masing.

Sebelum Kapolda mengakhiri sambutannya, beliau menyampaikan kepada seluruh peserta sosialisasi, agar mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini dari awal hingga akhir, sehingga apa yang diterima pada hari ini dapat diimplementasikan ditempat penugasan.

Dir Kamsel Korlantas Polri menyampaikan, Sosialisasi ini bertujuan untuk memeratakan penyelesaian perkara pelanggaran lalu lintas di seluruh indonesia, dengan menggunakan sistem e- tilang pengguna kendaraan yang melanggar lalu lintas dapat menitipkan denda tilang di bank tanpa harus hadir di sidang pengadilan, sehingga dapat meminimalisir dan mencegah terjadinya pungli di satuan lalu lintas.

“Untuk sistem e – tilang sendiri dapat diunduh dengan menggunakan android atau smartphone, bagi yang tidak memiliki dapat menggunakan lembaran blanko biru yang telah disediakan petugas lalu lintas. Selain itu e- tilang juga dapat mencegah kecelakaan dan kemacetan dampak dari pelanggaran lalu lintas, sehingga para pengguna jalan lain dapat terlindungi dan berlalu lintas dengan tertib dan aman”, Ujar Dir Kamsel.

1

Penulis         : Fandi

Editor           : Umi Fadilah

Publish         : Fandi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password