Kanit Binmas Polsek Monterado Menjadi Juri Lomba

Tribratanews.polri.go.id

Polda Kalbar, Polres Bengkayang. Lomba Upacara Bendera tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Monterado yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kab Bengkayang melalui UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Monterado akhirnya menciptakan juara umum , adapun yang menjadi juaranya yaitu SD Negeri 1 Desa Siaga Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang.

Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Monterado Paran, S.Pd mengatakan “Personil dari Polsek Monterado sengaja kita libatkan dalam pelaksanaan lomba ini yaitu menjadi salah satu dewan juri yang menilai beberapa katagori yang menjadi ketentuan pokok dalam upacara bendera, selain itu keterlibatan personil Kepolisian ini bertujuan agar terciptanya kenetralan dalam hal penilaian, sehingga tidak ada kecurangan maupun rasa curiga yang mungkin bisa datang dari masing-masing peserta lomba tehadap para dewan juri”.

“Juri yang dilibatkan dari pihak Kepolisian yaitu Aipda Supani yang mana saya ketahui pada tahun lalu (2016) beliau merupakan pelatih Paskibraka Kecamatan Monterado, jadi saya yakin beliau tahu persis ketentuan atau tata aturan dalam upacara bendera” ujar Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Monterado sambil mengacungkan jempolnya.

“Kegiatan lomba upacara bendera ini diikuti kurang lebih 23 SD Negeri yang ada di Kecamatan Monterado dan kegiatan lomba ini dilaksanakan selama 6 hari dilapangan SD Negeri 1 Monterado. Yang mana pada jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan perlombaan ini diselenggarakan masing-masing Kepala Sekolah SD Negeri yang ada di tiap-tiap desa di Kecamatan Monterado telah meminta kami Polsek Monterado untuk memberikan latihan upacara bendera yang baik dan benar kepada murid-murid SD mereka, dan permintaan mereka itu telah kami penuhi melalui Babhinkamtibmas yang ada di desa masing-masing sebagai pelatihnya.” Jelas Kanit Binmas Polsek Monterado Aipda Supani yang hadir mewakili Kapolsek Monterado.

Lomba ini bertujuan untuk menanamkan dan menumbuhkan rasa kebangsaan dan nasionalisme di kalangan pelajar SD se-Kecamatan Monterado. “Lomba upacara bendera ini sangat diperlukan antara lain untuk : menyamakan persepsi kita tentang keseragaman tata Upacara Bendera, meningkatkan disiplin, kebersamaan dan rasa kebangsaan di kalangan pelajar, menumbuhkembangkan semangat kompetitif antar sekolah, serta sebagai wahana silaturahim pelajar se-Kecamatan Montetado sehingga terwujud rasa kebersamaan, saling asih, asah, dan asuh di kalangan pelajar”. Ujar Aipda Supani usai menyerahkan hadiah dan tropi kepada para pemenang lomba (04/05/2017).

“Semoga kegiatan yang meski berskala kecil ini akan semakin menumbuhkan semangat nasionalisme di kalangan generasi muda, saya berharap kegiatan seperti ini dapat dilakukan setiap tahun di Kecamatan Monterado ini “. Tambah Kanit Binmas Polsek Monterado sambil tersenyum kecil.

Penulis : Eko Wahyu Sudianto
Editor. : Umi Fadillah
Publish. : Cucu Safiudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password