Giliran Jajaran Korwil V Madiun, Kabid Humas Polda Jatim Sosialisasi “ Cyber Troops”

Tribratanews.polri.go.id, poldajatim-  Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera Sosialisasi  Medsos Cyber Troops, yang bertempat di ruang rapat Mapolres Madiun Kota, Kamis (4/5/2017). Kegiatan ini diikuti Kasubbag Humas dan Operator Jajaran Korwil V Madiun. Sebelumnya, giat serupa juga dilakukan oleh Kabid Humas Polda Jatim di Polresta Sidoarjo, Polrestabes Surabaya dan Polres Tanjung Perak. Sebagaimana diketahui, “Cyber Troops” merupakan inovasi Bid Humas Polda Jatim, yang kini diawaki 10 anggota Brigadir Bid Humas.

“Cyber Troops” atau para polisi yang secara khusus menangani atau mengawasi dunia maya dan seluk-beluk yang ada di dalamnya. Mesti difasilitasi sedemikian rupa supaya kinerjanya lebih optimal. Peran serta masyrakat harus digelorakan. Pada aspek ini, Polri harus lihai berkomunikasi dan berinteraksi dengan publik. Di samping itu, perlu dibentuk unit khusus yang menjadi sentral informasi perpolisian yang komprehensif. Terhubung dengan semua Platform jejaring atau media sosial maupun aplikasi chatting kekinian yang selama ini hidup di masyarakat. Dengan demikian,komunikasi dan interaksi di semua level, mulai akar rumput hingga yang paling puncak, dapat dilaksanakan dengan optimal.

Unit Khusus yang menjadi sentral informasi tadi memiliki sejumlah tugas utama yakni, membuat kajian yang berhubungan dengan pemeliharaan kamtibmas, menjadi pusat produksi informasi bagi masyarakat,menjadi ruang interaksi anatara Polri dan masyarakat. Dengan demikian kritik,saran,masukan masyrakat dapat diterima secara langsung dan akan menjadi bahan dalam menentukan kebijakan di masa datang. Sementara perkembangan kejahatan, selaras dengan perkembangan masyrakat di masa silam, kuantitas kejahatan lebih rendah karena jumlah penduduk juga lebih sedikit. Demikian juga dari aspek kualitasnya, kejahatan masa silam relatif tidak sevariatif seperti saat sekarang.

Bahkan, di era informasi saat ini, kejahatan bisa berlangsung tanpa terjadinya hubungan fisik antara penjabat dengan korbannya. Sejumlah kasus penipuan melalui dunia maya, dimana korban dikendalikan dengan pengiriman informasi dan mengikuti petunjuk penjahat terjadi di berbagai tempat. Bertambahnya waktu,bertambah pula modus kejahatan. Sebagai aparat keamanan,tentunya tugas-tugas kepolisian (Polri) kian meningkat. Bukan hanya harus melayani bertambahnya warga yang memerlukan jaminan keamanan, tetapi juga harus mengejar kemajuan infrastruktur penunjang system keamanan.

Penulis  : Deddy

Editor    : Umi Fadhilah

Publish  : Sholeh hs

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password