Pisah Sambut Pejabat Polri, Polres Banyumas Suguhkan Tari Bambangan Cakil

Tribratanews.polri.go.id, Polres Banyumas – Bertempat di Gedung Borobudur Semarang Polda Jawa Tengah di gelar acara pisah sambut Kapolres, Rabu (3/5-2017).

Polres Banyumas berkesempatan menyuguhkan Tari Bambangan Cakil yang dibawakan oleh 2 personil Polisi Laki-laki dan 1 Polisi Wanita. Tak lain mereka adalah Aiptu Pandi Santoso yang merupakan Kasi Humas Polsek Purwokerto Utara, Bripda Vicky Umborowati anggota Sat Lantas dan Bripda Erlangga anggota Dalmas.

Merupakan suatu kehormatan bagi Polres Banyumas dapat menarikan Tari Bambnagan Cakil sebagai pengisi acara pisah  sambut Kapolres Purbalingga dan Kapolres Pemalang yang dihadiri Kapolda Jawa Tengah Irjen. Pol. Condro Kirono.

Kapolres Banyumas AKBP Azis Andriansyah, S.H., S.I.K., M.Hum menyampaikan bahwa disamping sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat Polri juga bisa ikut melestarikan budaya daerah salah satunya dengan menari seperti yang ditampilkan oleh Bripda Vicky CS.

Lebih lanjut Kapolres Banyumas AKBP Azis Andriansyah, S.H., S.I.K., M.Hum melalui Kabag Sumda AKP Yuliono, S.H sebagai koordinator latihan menyampaikan bahwa pihaknya telah bertanggungjawab atas pelatihan tari bambangan cakil selama kurang lebih 1 minggu hingga bisa di tampilkan di hadapan Kapolda Jawa Tengah dan undangan lainya di acara pisah sambut Kapolres.

Agar dalam tari tersebut lebih expresif dalam menghayati peran masing masing dan yang di selingi improvisasi humor juga tidak meninggalkan gerak tradisi tarian tersebut.

Tari Bambangan Cakil menceritakan perang antara ksatria melawan raksasa. Ksatria adalah tokoh yang bersifat halus dan lemah lembut, sedangkan Raksasa menggambarkan tokoh yang kasar dan beringas. Di dalam pementasan wayang kulit, adegan perang kembang ini biasanya keluar tengah-tengah atau di Pathet Sanga, perang antara Kesatria (Bambangan) melawan raksasa ini sangat atraktif dalam adegan ini juga bisa digunakan sebagai tempat penilaian seorang dalang dalam menggerakkan wayang.

“Makna yang terkandung dalam Tarian Bambangan Cakil bahwa segala bentuk kejahatan dan keangkaramurkaan pasti kalah dengan kebaikan.”, tutup Kabag Sumda.

Penulis : Sukiyah

Editor : Umi Fadilah

Publish : Frismi Zusyi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password