AKBP Ade Harianto S.H., M.H. : Sistem Peradilan Pidana di OKI Sangat Baik

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sumsel / Polres OKI. Sebagai sesama aparat penegak hukum yang tergabung dalam satu sistem kerja dan saling memiliki keterkaitan dengan tujuan yang sama, demi memberikan rasa keadilan dan kepastian hukum bagi masyarakat, sehingga sangat penting apabila Kepolisian, Kejaksaan dan Pengadilan yang tergabung dalam ikatan Criminal Justice System, untuk dapat bersinergi antara satu dan yang lainnya dalam menjalankan amanat konstitusi.

Criminal Justice system (CJS) atau Sistem Peradilan Pidana (SPP) merupakan suatu istilah yang menunjukkan mekanisme kerja dalam penanggulangan kejahatan dengan mempergunakan dasar pendekatan sistem, sehingga hal inilah yang menjadikan dasar keterkaitan antar lembaga penegak hukum untuk saling bersinergi dalam melaksanakan apa apa yang telah diamanatkan oleh undang undang, sehingga Kepolisian, Kejaksaan dan Pengadilan harus sejalan.

Kepolisian sebagai lembaga yang paling awal dalam proses penanganan sistem peradilan pidana ini, selalu berupaya bagaimana Criminal Justice Sytem sebagai bentuk kerjasama dalam memberikan rasa keadilan dapat diwujudkan.

Kapolres OKI AKBP Ade Harianto S.H., M.H. saat melakukan koordinasi bersama Kajari OKI Bapak Viva Hari Rustaman, S.H. dan juga Ketua Pengadilan Negeri Kayuagung Bapak Bambang Joko Winarno S.H., Rabu (03/05) diruang kerja Kajari menyampaikan, bahwa pertemuan ini bukanlah sebagai kunjungan biasa dalam Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda/ FKPD) Kabupaten OKI, akan tetapi sebagai pimpinan teratas pada lembaga masing masing untuk menciptakan komunikasi kerja yang baik, dengan harapan dapat memberikan pengaruh positif kepada para aparat didalamnya, seperti di Kepolisian ada penyidiknya, di Kejaksaan ada penuntut umum nya dan ada Hakim dalam proses persidangan dipengadilan.

AKBP Ade Harianto S.H., M.H. juga menegaskan bahwa hubungan baik antar lembaga ini memang sudah terjalin, dimana hal ini dapat dibuktikan dengan Sistem Peradilan Pidana di Kabupaten OKI yang selama ini memang sudah berjalan sebagai mana mestinya. Dalam artian, komunikasi sesama aparat penegak hukum pada tingkatan bawah masing masing lembaga ini memang sudah terlaksana seperti apa yang kita harapkan bersama, pungkasnya.

Penulis : Ilham (WAP 45)
Editor   : Umi Fadilah
Publish : Ilham (WAP 45)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password