Kapolda Sumut Terima Kunjungan Kerja Komisi III DPR RI Dalam Rangka Reses

dpr 3

dpr 5tribratanews.polri.go.id,sumut- Polda Sumatera Utara terima kunjungan kerja komisi III DPR-RI Rabu (03/05/2017) bertempat di aula Sat Brimob Polda Sumut.

Selain Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel dan Waka Polda sumut, juga turut Ka BNNP Sumut, Pejabat Utama Polda Sumut serta Ka BNN Kab/Kota sejajaran menghadiri kunjungan rombongan komisi III.

Sedangkan rombongan DPR-RI komisi III sebanyak 29 orang diketuai Trimedya Panjaitan, bersama anggotanya Marsiaman saragih (F PDIP), Wahab Dalimunte (partai demokrat) , Ir. H. Tifatul Sembiring (F-PKS), Asrul Azwar( F-PPP), Dr. Julimart Girsang (F-PDIP), Masington Pasaribu (F-PDIP), H.Raden Muh. Syafei (F Gerindra), Nasir Jamil ( F-PKS),  H. Muslim Ayub (F-PAN). Juga ada rombongan dari sekretariat Komisi III, dari Kepolisian, BNN, Kejaksaan, MA, Kumham.

Mengawali pertemuan ini, Trimedya sebagai ketua tim memperkenalkan anggotanya. Selanjutnya ketua tim menjelaskan bahwa salah satu tugas komisi III adalah memperjuangkan anggaran Polri.

Selanjutnya dilanjutkan paparan Kapolda Sumut, diawali dengan memperkenalkan pejabat utama dan para kapolres sejajaran. Kapolda Sumut memaparkan 71 issu yang diminta komisi III DPR- RI yang dibagi dalam 7 bagian yaitu :

  1. Anggaran dan pagu defenitif Polda Sumut tahun 2017;
  2. Kendaraan Patroli dan pengawalan di Polda Sumut ;
  3. Kebijakan Kapolda dalam penanganan kasus yang menonjol dan menjadi perhatian masyarakat. (Lahgun narkoba, perdagangan manusia, premanisme, terorisme, radikalisme dan intoleransi, konflik ( Sara, Lahan, Perkebunan dan nelayan) melakukan mapping dan pencegahan proakfif ;
  4. Penanganan tindak pidana korupsi dan kasus yg disupervisi KPK,;
  5. Penanganan kasus yang bersifat khusus, terorganisir dan lintas budaya.;
  6. Permasalahan gejolak/ kerusuhan sosial yang menonjol.;
  7. Kebijakan Kapolda Sumut dalam meningkatkan kepolisian yang mandiri dan profesional.

Sementara paparan Ka BNNP Sumut memaparkan anggaran yang masih minim, masih ada BNNK yang belum memiliki kantor, tempat rehablitasi belum memadai, masih kurangnya sarana prasarana dalam menunjang operasional.dpr 2

Selesai pemaparan dari kedua institusi dilanjutkan dengan tanya jawab, yang dimulai dari anggota DPR-RI Nasir Jamil mengusulkan kepada polda dan BNNP , untuk membangun MOU dengan DPR RI dan DPD RI asal Sumut yang berjumlah 34 orang. Karena punya agenda RDP dan Reses. Diharapkan bisa punya andil dalam mengatasi peredaran gelap narkoba. Demikian juga fungsi Bhabinkamtibmas bisa ditingkatkan kualitasnya, Kapolres yang berhasil mengelola keamanan didaerahnya justru yang mampu mengelola Bhabinkamtibmasnya sehingga berhasil, katanya.

Dilanjutkan Julimart Girsang mengkritisi tentang kinerja Polri kedepan menyangkut marwah, saya cek ke PN Medan ada 9 kasus yang di praperadilankan. Agar dicermati, membangun sinergitas dengan kejaksaan, mengingat komponen CJS harus sinergi. Bagaimana fungsi pengawasan barang masuk oleh BNNP Sumut, apakah ada kerjasama dengan imigrasi, ungkap Girsang.

Ketiga Asrul azwar mengamati anggaran Polda Sumut 1,9 T tahun 2017, mengapresiasi polisi melayani masyarakat dengan anggaran yang terbatas. Juga mengkritisi Mapolrestabes Medan sudah tidak cocok lagi lokasinya, disarankan segera pindah ke SPN Sampali dan Satlantas pindah ke lokasi Mapolrestabes Medan saat ini. Melaksanakan sosialisasi 4 pilar dengan mendatangi sekolah-sekolah, sosialisasi bahaya narkoba.

Pada kesempatan itu ketua tim Trimedya Panjaitan menekankan ;

  1. Ada usulan dari kejaksaan, Kumham terkait saber pungli. Motornya polisi karena banyaknya kasus yang ditangkap saber pungli yang nilainya hanya sedikit, seyogiyanya Kapolda dan Kajati duduk bersama bagimana tentang saber pungli ini.
  2. Terkait apa yang kita diskusikan dengan Kapolda Sumut 3 hari yang lalu terkait 5 polres percontohan, kami yang hadir ini lintas fraksi, artinya kalau kami bekerja sama apa yang kapolda usulkan bisa kami perjuangkan.

Kapoldasu mengucapkan terima kasih kepada rombongan pada akhir pertemuan, tentunya kedatangan rombongan sangat memberikan dukungan semangat bagi kami, kami melihat betapa bapak mendukung dan menyemangati kami, tentu kami akan lebih lagi meningkatkan kinerja kami dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, ungkapnya mengakhiri.

Penulis      : Matius Sinaga

editor         : Umi Fadillah

Publish      : Matius Sinaga

Admin Polri53933 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password