Polsek Ketungau Tengah Amankan Pelaku Pencurian Genset

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar, Polres Sintang – Kanit Reskrim Polsek Ketungau Tengah Aipda Deni Rachmanto, serahkan tersangka Kasus pencurian mesin genset di Ds Wirayuda Kec. Ketungau Tengah Kab. Sintang ke Sat Reskrim Polres Sintang, Rabu (3/5/2017).

” Pemadaman listrik dibeberapa wilayah sudah menjadi hal yang lumrah, tak luput juga terjadi wilayah Kecamatan diantaranya di Kec. Ketungau Tengah, dimana telah terjadi pemadaman listrik total dari tanggal 28 – 30 April 2017 dengan alasan rusaknya mesin PLN ranting Ketungau Tengah,” terang Ipda Eko

Untuk antisipasi kerawanan kamtibmas sehubungan dengan pemadaman listrik tersebut, Kapolsek Ketungau Tengah Ipda Eko Supriyatno,S.AP dalam apel pagi di depan Mapolsek Ketungau Tengah (28/04) berpesan agar anggota Polsek Ketungau Tengah lebih waspada dan meningkatkan kegiatan patroli di wilayah pertokoan dan perumahan warga di sekitar Ds. Wirayuda untuk meminimalisir gangguan kamtibmas.

Dan benar saja, pada hari Minggu (30/04/2017) datang sdr. Gunawan yang beralamatkan di Desa Wurayuda ke Polsek Ketungau Tengah untuk melaporkan kejadian pencurian genset milik sdr. Imam Subekti yang telah di pinjamnya.

Saat dikonfirmasi, menurut Gunawan, kejadian tersebut di ketahuinya pada saat hendak mengembalikan genset terbut kepada Imam Subekti, pada pukul 19.00 wib (28/04), namun genset yang di letak di depan ruko yang di tempati Gunawan tersebut sudah tidak berada di tempatnya (hilang).

“Setelah lelah mencari – cari di sekitar ruko tersebut dan menanyakan ke tetangga tetapi tidak ada yang tahu, maka saya berinisiatif mendatangi Polsek Ketungau Tengah untuk melaporkan kejadian tersebut,” unjar Gunawan.

Setelah mendapat laporan tersebut, Kapolsek Ketungau Tengah memerintahkan Kanit Reskrim Aipda Deni Rachmanto dan anggota untuk mengadakan penyelidikan dan penyidikan kasus tersebut.

Hasilnya pada hari Selasa (02/05), anggota Polsek Ketungau Tengah Brigadir Sahidi saat mengadakan penyelidikan mendapati “YD” (28th) sedang membawa barang berat yang di tutupi karung ke arah lanting sungai. Karena curiga kemudian di tanya orang tersebut. Pada saat Brigadir Sahidi sibuk memeriksa barang bawaannya, “YD” lari meninggalkannya.

Setelah diperiksa ternyata barang tersebut adalah sebuah mesin genset warna hitam merk Motoyama. Atas temuannya tersebut Brigadir Sahidi melaporkan ke unit reskrim dan melakukan pengejaran dan penangkapan terhadap “YD” di rumahnya di Ds.Wirayuda Kec. Ketungau Tengah. Setelah di lakukan pemeriksaan “YD” mengakui perbuatannya mengambil genset orang lain tanpa ijin dengan tujuan hendak di jual ke daerah Dusun Sebara Sungai Arak.

” Kita sampaikan kepada Sdr. Gunawan (pelapor) dan Sdr. Imam Subekti tentang penemuan mesin genset tersebut dan keduanya mengenali dan mengakui bahwa mesin genset tersebut adalah benar milik Sdr. Imam Subekti yang sebelumnya dipinjam oleh Sdr. Gunawan, selanjutnya barang tersebut kita amankan sebagai barang bukti (BB), lebih lanjut BB dan Tsk nya (YD) kita bawa ke Polres Sintang untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut,” jelas Kapolsek.

Penulis : Har/Arief
Editor    : Umi Fadilah
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password