Kapolsek Mukok Lakukan Penggalangan Kepada Warga

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar, Polres Sanggau – Senin (01/05/2017) pukul 08.00 Wib. Bertempat dikantor KUD Tut Wuri Handayani Kec. Mukok telah direncanakan kegiatan rapat kerkait keterlambatan pembagian TBS bulan Maret 2017 dan rencana pemagaran jalan poros.

Namun sebelum Muspika Kec. Mukok dan Kec. Jangkang hadir, pengurus KUD dan petani yang diperkirakan berjumlah sekitar 80 orang di arahkan ke Kantor Inti PT. CNIS Sei Atap Kec. Mukok oleh ketua KUD Marten Luter.
Setelah perwakilan Petani Mukok – Jangkang dan ketua KUD tiba di kantor Sei Atap, Kapolsek beserta anggota melakukan penggalangan kepada Ketua KUD, para Kades dan Pemangku Adat agar tidak melakukan pemagaran jalan poros dengan pertimbangan akan mengganggu / menghalangi aktifitas warga Masyarakat.

Setelah melalui penggalangan akhirnya disetujui untuk tidak melakukan pemagaran jalan namun ritual adat tetap dilaksanakan di kantor Inti PT. CNIS dengan adat Beroseh ( adat kepada alam untuk bersahabat ) yang dipimpin oleh Yakobus ( Pamong Kampung ) Ds. Sei Mawang.

Sebelum acara ritual adat tersebut, Ketua KUD Marten Luter menyampaikan tuntutan dari pihak Petani KUD yakni Perawatan Jalan Poros yang selama ini kurang mendapat perhatian dari Perusahaan, Segera dilakukan pembayaran hasil penjualan TBS bulan Maret yang mengalami keterlambatan, Perawatan jalan yang selama ini kurang memuaskan dan Greding buah sawit yang dikirim ke Perusahaan bisa dilketahui dua sampai tiga hari setelah pengiriman buah.
Dari hasil acara adat “Beroseh” yang dijatuhkan kepada pihak Perusahaan PT. CNIS yaitu Perusahaan dikenakan adat sebesar 9 (sembilan) tael untuk satu desa, untuk 1 taelnya sebesar Rp. 1.000.000 (Satu Juta Rupiah), Jumlah desa yang masuk wilayah perkebunan PT. CNIS sebanyak 8 (delapan) desa, Batas waktu pomah selama 4 hari terhitung hari ini senin tanggal 1 Mei 2017 dan untuk kebun KDE tidak boleh beroperasi selama belum ada kesepakatan terkait tuntutan tersebut.
Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Mukok Victorianus, Danramil Mukok dan Jangkang, Kapolsek Mukok Iptu Priyono, Manager dan Staf perusahaan PT. CNIS, Ketua DAD Kec. Mukok, para Kades yang wilayah kerjanya masuk perusahaan PT. CNIS, Kedua PDKS Kec. Mukok dan perwakilan petani Mukok-Jangkang sekitar 80 orang.
Dalam kesempatan Pertama, Kapolsek Mukok Iptu Priyono menyampaikan agar sesegera mungkin pihak KUD dan Perusahaan melakukan pertemuan untuk mencari solusi terbaik terhadap permasalahan yang ada. Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada warga yang hadir karena dapat menjaga situasi dengan aman dan tertib.
Penulis : Denny Ardiyanto dan Reno Wisnu Pradana
Editor : Umi Fadillah
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password