Gabungan Polri, TNI dan Dishub Tilang Pengendara Dengan E- Tilang

Tribaratanews.go.id Polda Kalbar , Polres Bengkayang – Satlantas Polres Bengkayang melakukan giat Razia Rutin dengan menggandeng Dishub dan Pom TNI yang dilaksanakan di Depan Pos Lantas Bengakayang Jalan Perwira Bengkayang, Rabu (03/03/2017).

Dalam penilangan anggota Sat Lantas menggunakan Aplikasi E- Tilang yng dipastikan akan mempermudah pelayanan dalam upaya penegakan hukum. Sekaligus meminimalisir praktek pungutan liar dalam razia lalu lintas.

Kasat Lantas Polres Bengkayang AKP Adhitya Octorio Putra, SIK mengatakan bahwa para pelanggar lalu lintas cukup membayar denda melalui Bank BRI atau Elektronik Data Capture (EDC) BRI, SMS banking, internet banking serta M Banking BRI.

Prosesnya, petugas kepolisian di lapangan akan memasukkan data tilang melalui aplikasi E-Tilang yang sudah ada di dalam smartphone milik petugas. Data yang dimasukkan berupa data diri pengendara, plat nomor dan kategori pasal yang dilanggar.

“Setelah proses tilang selesai pelanggar akan menerima pesan notifikasi nomor pembayaran melalui SMS disertai slip bukti tilang berwarna biru dari petugas. Selanjutnya, dia diarahkan melakukan pembayaran di bank,” ucap Kasat Lantas.

Usai melakukan pembayaran, pelanggar akan mendapatkan bukti yang sah untuk diserahkan ke petugas lalu ditukar dengan barang yang disita.

Sosialisasi e-Tilang juga gencar dilakukan Tim Sapu Bersih Kawasan Tertib Lalu Lintas (Timsus Saber KTL) yang beranggotakan gabungan Polri, TNI dan Dinas Perhubungan.

Penulis : Ramon
Editor : Umi fadillah/Sugeng HS
Publish : Cucu Safiudin

Admin Polri56290 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password