Aipda Hadi Poernomo Jadi Narasumber Seminar Nasional “Internet Cakap Tangkal Informasi Hoax”

Tribratanews.polri.go.id, Polres Jember- Dewasa ini kebebasan berekspresi di sosial media, seolah tanpa kontrol. Masyarakat begitu vulgarnya menyatakan pendapat dan  berkomentar tentang sesuatu hal tanpa ada filter.

Padahal sesungghnya tidak bebas-bebas amat. Sebab ada rambu-rambu yang harus dipatuhi. Demikian diungkapkan  Humas Polres Jember,  Aipda. Hadi Poernomo saat menjadi nara sumber dalam   seminar nasional bertajuk “Internet Cakap Tangkal Informasi Hoax ”  di aula Gedung Ahmad Zaenuri,  Unmuh Jember.

Menurut Aipda Hadi, kebebasan akses di sosial media membawa dampak perubahan cukup radikal dalam berkomunikasi. Kurangnya pengetahuan  sebagian pengguna sosial media terhadap  aturan yang berlaku, membuat mereka terkadang  kebablasan.

“Untuk itu kami menghimbau masyarakat pengguna internet agar mengenal aturan dan memahami Undang-undang TE agar ada keseimbangan antara etika, norma dan kebebasan berekspresi,” tukasnya.

Sementara itu, pemateri lain dari Kemkominfo RI,  Harry Hartono, SE, MM, lebih banyak menyinggung soal pemanfaatan internet yang sehat untuk menciptakan karya baru, sesuatu yang berpotensi dan memberikan nilai tambah. Selain itu, ia juga memaparkan tips internet sehat dan aman.

Sementara Kapolres, AKBP. Kusworo Wibowo, SH, S.I.K, MH, menjelaskan sedikit sejarah hoax dan mengilustrasikan praktek penyebaran hoax di sosial media. Tak lupa Kapolres juga menyampaikan beberapa tips untuk menangkal Hoax seperti melalui tabayyun (konfirmasi), cek dan ricek maupun klarifikasi.

“Dengan konfirmasi atau mengecek kebenaran berita tersebut, maka kita akan terbebas dari berita hoax,” jelas Kapolres.

Penulis  : Deddy

Editor    : Umi Fadhilah

Publish  : Sholeh hs

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password