Jember Resmikan Sekaligus Pemasangan “Pelican Crossing” di 4 Titik Penyeberangan Jalan

Tribratanews.go.id – Poldajatim Dalam rangka menjaga keamanan dan kenyamanan anak-anak sekolah dan pengguna jalan lainya, Dinas Perhubungan (Dishub) Jember memasang pelican crossing di empat titik.

Masing-masing di depan  SDN Jember Lor 01, halte timur Kantor Pemkab Jember, SDN Kepatihan 02 Jember, dan timur Kantor Dishub yang lama.

Peresmian keempat Pelican crossing itu dilakukan oleh Dishub bersama Satlantas Polres Jember, secara simbolis di depan SD Negeri Jember Lor 01.

Pelican Crossing adalah  sistem penyeberangan jalan yang cukup efektif, karena setiap penyeberang jalan cukup menekan tombol pelican tersebut, lalu menunggu hingga semua kendaraan berhenti sehingga dapat menyeberang dengan aman.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub)Jember, Isman Sutomo pelican crossing diprioritaskan di depan sekolah yang lalu lintas kendaraan cukup ramai,  untuk memberi rasa aman saat murid-murid mau menyeberang.

“Prioritas utama di sekolah-sekolah. Dana ini dianggarkan melalui APBD Jember, dan telah disetujui oleh Bupati Faida,” ujarnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Jember, AKP Nopta Histaris Suzan menyambut baik pemasangan pelican crossing tersebut. Sebab, penambahan  sarana dan prasarana jalan itu cukup membantu pelayanan masyarakat dan mendorong terciptanya tertib berlalulintas.

“Ini sangat penting terutama untuk pejalan kaki, karena  fasilitas ini, dapat mengurangi resiko kecelakaan pengendara  dan penyeberang jalan,” katanya.

Namun, karena fasilitas pelican crossing tersebut masih baru bagi sebagian masyarakat, maka petugas kepolisian akan mendampingi untuk memberitahu kepada pengendara maupun pejalan kaki terkait dengan penggunaan fasilitas tersebut. “Kami akan mendampingi masyarakat agar mengerti fungsi Pelican Crossing,” urai Kasat.

Penulis     :Dedy

Editor       :Umi Fadhilah

Publish     :M.Sholeh

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password