Rakernis Fungsi Lalu Lintas, Polda Sulsel Tingkatkan Pelayanan Masyarakat

Tribratanews.polri.go.id – Makassar Sulsel, Kapolda Sulsel Irjen Pol. Drs. Muktiono didampingi Irwada Polda Sulsel Kombes Pol. Lukas Arry Dwi Utomo dan sejumlah pejabat utama Polda Sulsel membuka secara resmi Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Direktorat Lalulintas Polda Sulsel di Hotel Clarion Makassar, Rabu (3/5) Pukul 07.00 Wita.

Rakernis Lantas adalah kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun untuk menyamakan Visi dan Misi, menyelesaikan beberapa persoalan, mengevaluasi program kerja yang telah disusun serta meneruskan hasil Rakernas yang dilaksanakan di Jakarta pada waktu yang lalu menjelang pelaksanaan operasi patuh tahun 2017.

Berbicara masalah eksistensi tugas pokok fungsi serta peran bidang lalu lintas sesuai dengan undang-undang nomor 22 tahun 2009, saat ini di mana perkembangan ilmu pengetahuan dan kebutuhan masyarakat semakin meningkat tentunya memerlukan peningkatan kualitas pelayanan Polri yang cepat dan aman.

Selain itu, Polri dituntut tidak hanya profesional dan proporsional dalam pelaksanaan tugasnya akan tetapi juga diharapkan mampu menjadi pelindung pengayom dan pelayan masyarakat, sebagai motivator maupun guidance terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat, terutama permasalahan di bidang lalu lintas serta pelayanan dan perlakuan anggota Polri yang tidak maksimal kepada masyarakat seperti saat ini, masalah transportasi online dengan angkutan konvensional, masih belum optimalnya pelayanan SIM, STNK, BPKB yang bersih dari percaloan, belum terselenggaranya Satpas-Satpas secara online, pembiaran terhadap pelanggaran lalu lintas, masih tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang harus di  minimalisir di tahun ini sebagai tahun keselamatan berlalu lintas.

Direktorat lalu lintas sebagai fungsi yang dikedepankan yang senantiasa berhadapan langsung dengan masyarakat harus menjadi etalase positif Polri dalam menciptakan Kamseltibcar Lantas, senantiasa humanis, merangkul, bijaksana, tidak mempersulit apalagi sampai merugikan masyarakat.

Sejalan dengan program Kapolri tentang Quick Wins sebagai salah satu program akselerasi transportasi menuju Polri yang professional, modern dan dipercaya masyarakat, Direktorat lalu-lintas sebagai penanggung jawab program ke-8 yaitu pelayaran masyarakat melalui pelayanan SIM yang bersih dari percaloan dan program Quick Wins ke 6 Polri sebagai Penggerak Revolusi Mental dan Pelopor Tertib Sosial di Ruang Publik telah berupaya meningkatkan kerja sama dengan membuat inovasi pelayanan berbasis IT seperti E-Tilang, SIM Online, Samsat Online, BPKB Online serta penguatan manajemen media untuk mewujudkan Polri yang Profesional, Moderen dan Terpercaya serta babas dari kurusi, kolusi dan nepotisme.

Kapolda Sulsel juga mengapresiasi kepada para narasumber seperti Dishub, Jasaraharja, Kabapenda, Dinas PU, Dinas Kesehatan dan Bappenas serta stakeholder terkati utamanya seluruh masyarakat atas terlaksananya kerja sama yang harmonis demi terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancara berlalulintas.

 

Penulis : Marwan
Editor : Umi Fadilah
Publish : Sumarwan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password