Peran Brigade Mobile (Brimob)

tribratanews.polri.go.id -Polda Kepri, Brigade Mobil atau yang sering Disebut Brimob merupakan unit (Korps) tertua Didalam Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) karena mengawali pembentukan kepolisian Indonesia pada tahun 1945. Korps ini Dikenal sebagai Korps Baret BiruTua. Brimob tergolong sebagai sebuah unit paramiliter Negara Ditinjau dari tanggung jawab dan ruang lingkup tugas pokoknya. Brimob termasuk satuan elit (Pasukan Khusus) dalam jajaran kesatuan Polri.

Brimob Polri sebagai fungsi operasional kepolisian merupakan salah satu unsur pelaksana utama polri yang bertugas mengerahkan kekuatan Brimob Polri  dalam menangulangi gangguan keamanan, kerusuhan massa, kejahatan dalam bidang senjata api atau bahan peledak, penanganan senjata kimia, biologi dan radioaktif serta pelaksanaan kegiatan SAR guna mewujudkan tata tertib serta ketentraman masyarakat Indonesia.

Adapun peran Sat Brimob yang bertugas di wilayah hukum Polda Kepri yaitu melakukan penindakan terhadap pelaku kejahatan berkadar tinggi, kerusuhan massa, kejahatan yang terorganisir senjata api, bom  guna mewujudkan tertib hukum dan ketentraman mayarakat Negara Kesatuan Republik Indonesia Khususnya Daerah Kepulauan Riau. Tidak hanya sebatas itu, satuan Brimob juga bekerja sama dengan Kepolisian tugas lainnya, seperti Berperan untuk membantu fungsi kepolisian, Berperan untuk melengkapi dalam operasi kepolisian kewilayahan yang dilaksanakan bersama-sama dengan fungsi kepolisian, Berperan untuk melindungi anggota kepolisian demikian juga masyarakat yang mendapat ancaman, Berperan untuk memperkuat fungsi kepolisian dalam pelaksanaan tugas operasi kewilayahan, Berperan untuk menggantikan tugas kepolisian pada satuan kewilayahan apabila situasi atau sasaran tugas sudah mengarah kepada kejahatan yang berkadar tinggi. Tentunya kerja sama antara sat Brimob dan kepolisian untuk satu tujuan yang sama yaitu menjaga tertib hukum dan ketentraman Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Penulis : Andi Syahputra

Editor : Umi Fadillah

Publish Andi Syahputra

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password