Silaturahmi Kebhinekaan Tingkat Kabupaten Way Kanan Cinta Lampung Untuk Indonesia

Tribratanews.polri.go.id – Polres way kanan bersama pemerintah kabupaten way kanan menyelenggarakan Silaturahmi Kebhinekaan dengan dihadiri kapolres way kanan,  bupati way kanan, dandim 0427 wk, unsur forkompinda , ketua  MUI way kanan, Ketua muhammadiyah, ketua NU, ketua LDII way kanan,  Ketua GP ansor, ketua  KNPI,  ketua PWI, ketua pokjawan, badan koordinasi pondok pesantren (BKPP) beberapa perwakilan dari tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, organisasi wanita, paskibraka, LVRI  (Legiun Veteran Republik Indonesia),  suku, etnis, dan kelompok, sekabupaten way kanan, dalam acara tersebut dihadiri 405 peserta undangan yang dilaksanakan dilapangan apel polres way kanan . Selasa, (02/05/2017) sekira jam 15.30 WIB.

WhatsApp Image 2017-05-02 at 20.12.22

Pertemuan silaturahmi tersebut beberapa perwakilan dari pemuda dan tokoh masyarakat diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan indonesia raya dipandu dengan dirigen selanjutnya mengucapkan pancasila dan menyatakan 11 pernyataan masing – masing perwakilan yang ditunjuk setiap kelompok secara berurutan pada kesempatan pertama pernyataan dibacakan dari Ulama Muhammadiyah bahwa islam itu rahmatan lil’ alamin, islam harus memberi ketenangan dan kedamaian bagi bangsa indonesia berikutnya pernyataan ulama NU( nahdatul ulama )  menolak semua faham atau ideologi apapun yang hendak menggantikan ideologi pancasila NKRI harga mati.

WhatsApp Image 2017-05-02 at 20.12.29

Selanjutnya pernyataan pendeta dan pastur organisasi gereja kabupaten way kanan provinsi lampung tetap menginginkan negara kesatuan republik indonesia yang berdasarkan pancasila dan undang -undang dasar 1945. Lanjut pernyataan umat hindu kami cinta persatuan dan kesatuan, suka hidup berdampingan dan saling menjaga keharmonisan antar umat beragama. pernyataan dari Ketua MPAL mewakili tokoh adat membacakan falsafah adat lampung adalah Pi’il pesenggiri, yang menghormati dan menghargai segala perbedaan, kami cinta way kanan, kami cinta indonesia.

WhatsApp Image 2017-05-02 at 20.12.23

Selanjutnya pernyataan dari para pemuda yang diucapkan oleh KNPI bahwa indonesia kita penuh warna, oleh saka bhayangkara warna itulah yang menjadikannya indah dan oleh paskibra berbeda bukan harus terpecah. Pernyataan organisasi wanita ingatlah perjuangan pendahulu kita, mari satukan tekad dan usaha dalam mempertahankan negara kesatuan republik indonesia. Sedangkan pernyataan media  diucapkan oleh ketua PWI mengatakan kami awak media kabupaten way kanan provinsi  lampung , jangan kekang kami untuk berkarya,  diteruskan perwakilan Pokjawan tapi kami berjanji kepada bangsa ini agar tetap bersatu. Pernyataan veteran berbeda-beda tapi satu tujuan, yaitu mempertahankan kemerdekaan negara kesatuan republik indonesia, itu warisan dari kami untuk generasi muda sekarang.

WhatsApp Image 2017-05-02 at 20.12.26

Untuk pernyataan forkopimda diucapkan Bupati way kanan bahwa kami forkopimda kabupaten way kanan provinsi lampung,  menolak radikalisme, terorisme, dan intoleransi, yang kami inginkan negara kesatuan republik indonesia yang berideologi pancasila, dengan ditutup keseluruhan undangan membacakan pernyataan secara bersama  bahwa “Cinta Lampung Untuk Indonesia”.

WhatsApp Image 2017-05-02 at 20.12.28

Kapolres way kanan AKBP Yudy Chandra Erlianto, S.Ik M.H mengatakan dengan semangat silaturahmi kebhinekaan yang berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten way kanan atas dukunganya diadakan kegiatan ini agar warga kabupaten way kanan sangat kondusif  tidak ada kejadian apapun dan secara bersama-sama sepekat menyuarakan rasa patriotisme dan nasionalisme sangat tinggi dengan menolak gerakan radikalisme, terorisme dan anti pancasila.  peran seluruh elemen inilah  sangat diharapakan untuk satu tujuan menjaga keutuhan NKRI.

WhatsApp Image 2017-05-02 at 20.12.25

Menurut Bupati way kanan H.Raden Adipati Surya,S.H.,M.M bahwa silaturahmi kebhinekaan yang kita laksanakan pada kesempatan yang baik ini diharapkan dapat menjadi agenda penting yang harus dilakukan mengharapkan kepada semua lapisan masyarakat agar dapat menjaga toleransi menghargai serta saling memahami antar suku agama ras dan budaya yang beraneka ragam dibalut melalui sebuah kebhinekaan, dalam kesempatan tersebut bupati menambahkan kebhinekaan harus kita junjung tinggi dalam rangka mengantisipasi kepada sekelompok orang  yang ingin menggerus bangsa ini maka dibutuhkan kebersamaan guna mempersatupadukan rangkaian kebhinekaan yang ada dikabupaten way kanan sehingga   semakin menumbuhkan rasa aman, rasa cinta terhadap bangsa, negara  tanah air kita yaitu negara kesatuan republik indonesia (NKRI) ,”Pungkasnya

WhatsApp Image 2017-05-02 at 20.12.24(1)

Penulis : Adi Pranoto w.

Editor   : Umi Fadilah

Publish : Oto Adi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password