Bidang Humas Polda Bali Fasilitasi Dialog Interaktif Kapolres Gianyar

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Banyak hal yang dilakukan Bidang Humas Polda Bali untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Penyampaian informasi ini untuk memberikan pesan Kamtibmas sehingga masyarakat mengetahui setiap perkembangan situasi yang ada di wilayah Bali. Salah satunya adalah dengan melakanakan dialog interaktif. Atas hal tersebut, Bidang Humas Polda Bali memfasilitasi Kapolres Gianyar AKBP Waluya, S.I.K. untuk menyampaikan situasi Kamtibmas di wilayah Polres Gianyar dalam acara dialog interaktif yang diselenggarakan Bali TV beralamat di Jalan Kebo Iwa Denpasar, Selasa (2/5).

Acara dialog interaktif dengan mengusung tema “ Situasi Kamtibmas di Wilayah Polres Gianyar “ di pandu pembawa acara Agus Jagat Raya. Selain Kapolres Gianyar, pihak Bali TV juga mengahadirkan Prof. DR. I Ketut Rai Setiabudi, S.H., M.H. yang merupakan narasumber dari pengamat hukum.
WhatsApp Image 2017-05-02 at 11.21.49
Diawal acara, AKBP Waluya, S.I.K. mengatakan, Gianyar merupakan salah satu tempat pariwisata yang ada di Bali. Selain sebagai daerah tujuan wisata favorit, Gianyar dikenal sebagai kota seni dan budaya, karena memiliki 13 lokasi wisata yang sering dikunjungi wisatawan asing maupun maupun domestik. Hal ini tidak terlepas dari peran Polres Gianyar dalam menjaga keamanan agar tetap aman dan kondusif, sehingga para wisatawan merasakan kenyamanan.

“Keamanan merupakan faktor penting guna menariknya para wisatawan dalam negeri maupun luar negeri, yang akan berkunjung ataupun liburan. Jika daerah itu aman, tidak ada kriminalitas maka daerah tersebut banyak diminati para wisatawan,” ujar perwira dua melati di pundak ini.

Lebih lanjut, perwira murah senyum ini menjelaskan tentang situasi kamtibmas wilayah hukum Polres Gianyar periode januari hingga maret 2017 terjadi 136 kasus tindak pidana. Dari 136 kasus tersebut didominasi kasus kecelakaan lalu lintas, curat, pencurian kendaraan bermotor, narkoba dan curas. “Semua kasus tersebut kami tangani secara profesional, cepat dan tidak mengalami kendala apapun,” imbuhnya.

Menanggapi pertanyaan dari masyarakat, Kapolres Gianyar menanggapi bahwa seiring berkembangnya daerah pariwisata di Kabupaten Gianyar, terutama adanya sejumlah tempat hiburan seperti kafe, pihaknya sudah melakukan razia secara rutin. Bahkan Kapolres langsung turun kelapangan dengan instansi terkait melakukan razia untuk melakukan pengecekan tentang ijin penjualan minuman beralkohol. Jika tidak bisa menunjukan Surat Ijin Usaha Perdagangan Minuman Beralkohol (SIUP-MB) maka dilakukan penyitaan dan diproses sesuai aturan hukum yang berlaku. “Sampai saat ini, kami belum menemukan ada anggota yang membekingi tempat hiburan, jika ada yang melakukan dan saya temukan maka akan ditindak tegas,” terangnya.

Sementara menurut Prof. DR. I Ketut Rai Setiabudi, S.H., M.H. mengatakan bahwa dilihat secara umum keamanan di wilayah Gianyar sudah cukup bagus, karena dari penanganan dan penyelesaian kasus konvensional dapat diselesaikan dengan baik dan cepat. Kehadiran polisi sekarang ini, langsung terjun kelapangan membantu masyarakat dengan melakukan penjagaan dan pengaturan lalu lintas untuk mengatasi kemacetan.

Penulis: Ketut Bina Wartawan
Editor: Umi Fadillah
Publish: I Made Ardana

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password