Polsek Pasar Kliwon Surakarta Mengamankan dan Kawal Aksi Buruh Pekerja Perumahan

Tribratanews.polri.go.id.polrestasurakarta – Mungkin terdengar aneh . Aksi ini adalah aksi buruh namun bukan yang kerja di pabrik atau disuatu perusahaan. Namun mereka bekerja di rumah dan hasil kerjanya di kembalikan ke pengorder. Dan selama ini keberadaan mereka belum.diwadahi dan di akui.

Polsek Pasar Kliwon Selasa ( 2/5/2017 ) pkl 08.00 wib – 10.30 wib mengamankan aksi unjuk rasa dari kelompok buruh pekerja perumahan Kota Solo dan Sukoharjo yang melakukan aksi long march dari Kantor Depnaker Kota Solo Sriwedari menuju Balaikota Surakarta, Di Balaikota Surakarta, rombongan aksi diterima oleh Bp Widi Srihanto Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan anak dan Pemberdayaan Masyarakat, dan Ibu Siti Daryatini Kepala Unit Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak Surakarta di Pendhapi Gedhe Balaikota Surakarta, dengan koordinator buruh pekerja perumahan Solo Raya yakni Ibu Nuning Pudjiastuti yang diikuti peserta aksi lk 25 orang perwakilan dari beberapa daerah.

Tuntutan, dari buruh pekerja perumahan yang tergabung dalam Mitra Bersama Buruh Perumahan yakni :
1. Pengakuan kami sebagai pekerja.
2. Jaminan sosia bagi pekerja rumahan.
3. Tempat kerja yang layak bagi pekerja rumahan.

” Kami pekerja rumahan adalah sama dengan pekerja di pabrik atau tempat lain yang berbeda hanyalah tempatnya, oleh karena itu mengaharap kepada pemerintah agar buruh perumahan butuh diperhatikan, bagaimana caranya supaya buruh perumahan bisa berdiri sendiri dan jangan sampai menjadi buruh terus sampai mati ” ucap Ibu Mira salah satu peserta aksi buruh perumahan.

Setelah penyampaian aspirasi selesai peserta aksi membubarkan diri dengan tertib.

Karena mereka berjalan kaki dari Depnakertrans maka semua kendaraan di tinggal.di sana. Melihat hal itu Komandan tim negosiator Iptu Tanti memberi Solusi agar semua ibu – ibu naik bus Polis dan di antar kembali ke tempat semula. Memdengar itu semua jadi. Bergembira dan mengucapkan terimakasih kepada Pilisi Wanita Polresta Surakarta yang sabar menunggu jemputan busnya setelah mengantar ibu-ibu.

Penulis : Miun Kliwon
Editor.  : Umi Fadilah
Publish : Sumarjo

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password