Diduga Hendak Kibarkan Bendera Bintang Kejora, Puluhan Masyarakat Papua Dimediasi Polisi Dan Aparat Pemerintah

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Sekitar pukul 12.00 Wita, bertempat di ruang asrama Cendrawasih, Kel. Wongkaditi Barat Kota Utara telah berlangsung mediasi yang dilaksanakan oleh personil Polres Gorontalo Kota terhadap pihak mahasiswa Papua yang ada di Kota Gorontalo yang diduga melakukan kegiatan dalam hal yang mengacu pada tindakan melawan pemerintahan yang sah, Senin 01 Mei 2017.

Dalam mediasi tersebut agar Mahasiswa Papua yang ada di Kota Gorontalo dalam hal ini yang berada di Asrama Papua di Kelurahan Wongkaditi Barat, supaya tidak mengadakan agenda yang bertentangan dengan Undang-Undang. Mengingat pada setiap tanggal 01 Mei pihak Mahasiswa Papua memperingati hari aneksasi rakyat Papua dimana dalam giat tersebut mereka melakukan ibadah (Untuk Umat Kristiani), akan tetapi hal ini hanyalah merupakan modus mereka untuk berupaya mengibarkan bendera bintang kejora yang akan mereka kibarkan di dalam asrama mereka.

Mediasi tersebut dipimpin oleh kasat Intelkam Polres Gorontalo Kota AKP. Jocke Jery Metteng, SE. Bersama para perwira dan anggota Intelkam Polres  Gorontalo kota, Kapolsek kota Utara AKP Muhtar Pakaya, Bhabinkamtibmas Kelurahan wongkaditi barat Bripka Steven Siregar.

Adapun tanggapan dari pihak Mahasiswa Papua yang diwakili oleh Lk. Emanuel Ukago selaku ketua KNPB Komisariat Gorontalo bahwa hari ini mereka tidak ada agenda kecuali ibadah bersama dan tidak ada pengibaran bendera Bintang Kejora.

Kegiatan mediasi ini juga melibatkan lurah kelurahan Wongkaditi barat bersama ketua LPM dan Ketua RT dimana selaku pemerintah setempat. Akan tetapi pada saat mediasi tersebut pada awalnya mahasiswa Papua tidak memberikan kesempatan kepada pemerintah daerah untuk masuk kedalam asrama mereka sehingga hal ini sempat mereka mengancam akan membakar asrama mereka.

Mendengar permasalahan tersebut, Kapolres Gorontalo Kota AKBP Yan Budi Jaya SIK, M.M bersama bapak Waka polres kota serta Kabag Kesbang Kota Gorontalo memberikan arahan untuk dilakukan kembali mediasi.

index

Menindaklanjuti perintah tersebut, mediasi kembali dilakukan oleh pemerintah setempat yang di lakukan oleh Camat Kota Utara Bapak Nurdin Mohamad, S.Ag, M.S.i bersama kasat intelkam dan kasat Reskrim Polres Gorontalo kota serta Kaban Kesbang Kota Gorontalo dimana Melalui Camat Kota Utara ia menghimbau agar Mahasiswa papua yang berada diKota Gorontalo Khususnya di asrama Mahasiswa Cendrawasi yang ada di Kel. Wongkaditi Barat tidak melakukan hal-hal yang dapat memperkeruh suasana di kota Gorontalo, dimana pemerintah daerah sudah menganggap bahwa mereka mahasiswa papua adalah juga merupakan masyarakat  Gorontalo dimana mereka sudah menetap di Gorontalo, dalam hal menuntut ilmu, sehingga dimintakan bahwa agar apabila ada hal-hal yang ingin disampaikan agar disesuaikan dengan tempat dan dengan cara serta waktu tertentu, dan apabila untuk aspirasi yang lainnya seperti pengibaran bendera bintang kejora atau penyampaian lainnya untuk permasalahan Rakyat Papua agar di sampaikan kepemerintah papua saja dan jangan membuat permasalahan lainnya yang dapat membuat kota Gorontalo atau kelurahan wongkaditi Barat Kota utara Kota Gorontalo dapat menjadi kacau. Dikarenakan disini adalah tempat mereka menuntut ilmu dan juga adalah merupakan tempat bagi generasi masyarakat papua untuk melanjutkan kehidupannya.

Mengenai tanggapan tersebut mahasiswa papua berjanji tidak akan melakukan pengibaran bendera papua yakni Bendera Bintang Kejora dan hanya melakukan ibadah bersama saja. Dan untuk gambar bendera tersebut merupakan slogan saja dan aspirasi mereka untuk mendukung daerah mereka yakni rakyat papua.

Pada pukul 14.10 wita mediasi itu mencapai kata sepakat bahwa mereka tidak akan melakukan hal-hal seperti yang dimaksudkan diatas dan mahasiswa papua berjanji akan melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat apabila melakukan kegiatan yang ada di asrama mereka.

1

Penulis         : Fandi

Editor           : Umi Fadilah

Publish         : Fandi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password