Kapolresta Kediri Pimpin Pemadaman dan Evakuasi, Disaat RS Bhayangkara Kebakaran

Tribratanews.polri.go.id –Polresta Kediri –Rumah sakit Bhayangkara Kediri mengalami kebakaran pada Senin (1/5). Kebakaran  menimpa ruang perawatan Kemuning dan gudang obat dilantai dua. Akibat kebakaran membuat ratusan pasien yang menjalani perawatan dievakusai di halaman dan lorong rumah sakit

Belum diketahui secara pasti penyebab terjadinya kebakaran. namun kejadian ini sempat  membaut panik pasien yang berada di dekat lokasi kebakaran. Untuk memadamkan kejadian kebakaran ini lebih dari 8 unit mobil kebakaran diturunkan untuk memadamkan api yang  terus berkobar.

Lokasi kebakaran yang berada dibagian  belakang gedung rumah Sakit Bhayangakara sedikit membuat kesulitan petugas pemadam kebakaran untuk memadamkan api.

Kepanikan dan ketakutan nampak pada pasien yang menjalani perawatan. Evakuasi besar-besaranpun dilakukan tak terkecuali bayi yang baru dilahirkan terpaksa dibawa keluar ruangan demi keselamatan pasien. Polwan-polwan Polresta Kediri pun turut ambil bagian untuk mengevakuasi dan menenangkan pasien.

ka1

“Kami sangat takut sekali mas, apalagi kondisi asap yang mengepul yang menjulang tinggi, kuatirnya merembet ke ruangan-ruangan yang lain,” kata Asep, keluarga salah satu pasien. Saat terjadi kebakaran semua upaya terus dilakukan. Bahkan Kapolresta Kediri AKBP Anthon Haryadi, S.IK, M.H  memimpin langsung upaya pemadaman dan evakuasi  dengan cepat agar tidak membuat pasien panik.

“Sedikitnya delapan unit mobil pemadam kebakaran bersama dua mobil water canon dari kepolisian dikerahkan. Sempat kesulitan karena cuaca panas disertai angin yang membuat api berkobar . Selain itu lokasi kebarakan berada di ketinggian yang mengharuskan petugas  naik ke ruangan yang lebih tinggi. Tapi Alhamdulillah api dapat dipadahamkan setelah 1 jam kemudian ,” kata AKBP Anthon Haryadi

Kebakaran yang terjadi di Rumah Sakit Bhayangkara Kediri ini kali pertama muncul dari gudang arsip dan penyimpanan barang medis. Berdasarkan keterangan pihak rumah sakit,  setelah selama satu jam dilakukan upaya pemadaman, pasien yang dievakuasi sudah bisa dikembalikan keruangan.

Namun terlihat belum semuannya bisa masuk ruang perawatan . Masih banyak juga  pasien yang ditampung di ruang poliklinik  rumah sakit . Meski api sudah bisa dipadamkan dan pasien kembali ke ruangan belum diketahui secara pasti penyebab terbakar rumah sakit milik polri ini.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini hanya gudang bahan medis dan ruang arsip yang hangus terbakar. Polisi sudah  memasang garis polisi di lokasi kebakaran dan  menunggu tim forensik Polda Jatim untuk melakukan olah TKP guna mengetahui secara pasti penyebab terjadinya kebakarn,” pungkas AKBP Anthon Haryadi. (res|aro) Fotografer : Brigadir Yuli H

 POLRESTA KEDIRI

Penulis             : Didik

Editor               : UMI FADILAH

Publish              : Yui, Didik

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password