Bhabinkamtibmas Purwosari Surakarta Jadi Yuri Hadrah Tingkat Kota Surakarta

IMG-20170502-WA0039

Tribratanews.polri.go.id. Polresta Surakarta.
Ada yang menarik pada gelaran Lomba Hadrah se-Kota Surakarta yang dilaksanakan pada Minggu (30/04/2017) di Masjid Tegalsari Bumi Laweyan Surakarta. Salah satu Juri pada lomba ini adalah seorang anggota Polri dari Polsek Laweyan bernama Aiptu Sapuwan SH. Disela kesibukan tugasnya sebagai Bhabinkamtibmas Purwosari Laweyan Surakarta, Aiptu Sapuwan SH memang dikenal aktif dalam pembinaan kesenian Hadrah, sehingga tak heran namanya sudah cukup dikenal dikalangan pecinta kesenian Hadrah di Kota Surakarta.

Di beberapa kesempatan, Aiptu Sapuwan SH acap kali didaulat menjadi Panitia sekaligus Juri pada kegiatan lomba serupa di Kota Surakarta. Selain itu, Aiptu Sapuwan SH juga masih aktif menjadi Pembina dari beberapa grup Sholawat baik dari wilayah binaan Kelurahan, Kecamatan maupun tingkat Kota. Adapun grup Hadrah yang menjadi binaaan dari Aiptu Sapuwan SH ini diantaranya :
1. Grup Hadrah Al Mabarot dari Masjid Al Asy’ary,
2. Grup Hadrah Mahsuro dari Masjid Hidayatul Muslim Todipan Purwosari,
3. Grup Hadrah Ashabul Karim dari Masjid Al Karim Tegalmulyo Purwosari,
4. Grup Hadrah Walisongo dari Masjid Tegalsari Bumi Laweyan,
5. Grup Orkes Gambus Selendang Kafan dari Solo (sebagai Ketua Grup).

“Sebagaimana kita ketahui, Islam masuk dan bisa diterima oleh masyarakat Jawa atau Indonesia adalah karena penyebarannya melalui akulturasi budaya. Kesenian Hadrah ini merupakan salah satu produk dakwah Agama Islam melalui akulturasi budaya dan akan selalu bisa diterima oleh masyarakat kita, karena itu kita harus melestarikannya”, tutur Aiptu Sapuwan SH.

Saat ditanya apa yang motivasi dirinya sehingga terjun aktif dalam kesenian Hadrah di Kota Surakarta, Aiptu Sapuwan SH menjawab, “Sebagai seorang Bhabinkamtibmas, saya ingin bisa lebih dekat dengan masyarakat khususnya kawula muda, sekaligus untuk penggalangan terhadap muda-mudi masjid supaya berperan aktif menyukseskan pencanangan Solo Kota Bersholawat, bersatu padu menciptakan perdamaian dan kerukunan melalui lantunan seni Hadrah dan Sholawat.”

Penulis : Heri Laweyan
Editor   : Umi Fadilah
Publish : Sumarjo

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password