Sat Narkoba Polres Ciko Berhasil Mengungkap Ungkap Peredaran Narkoba Rutan Kelas 1 Cirebon

Tribratanews.polri.go.id-Polres Cirebon Kota,Kepolisian Resor Cirebon Kota mengelar Press Release akan peredaran penyalahgunaan narkotika jenis Sabu-sabu, daun ganja kering dan obat-obatan sediaan farmasi tanpa ijin jenis Tramadol, Trihexyphendyl, Dextro dan Zenith, Jumat (21.04.2017) bertempat di Mapolres Cirebon Kota.

Selama Bulan April 2017 Satuan Reserse Narkoba Polres Cirebon Kota telah berhasil mengungkap sebanyak 7 Kasus akan penyalahgunaan narkotika yang terjadi di wilayah hukum Polres Cirebon Kota dengan jumlah tersangka sebanyak 10 orang.

Terbongkarnya praktik peredaran narkoba di Rutan kelas 1 Cirebon berkat kerjasama Sat Narkoba Polres Cirebon Kota dengan pihak Rutan berawal dari informasi akan adanya transaski narkoba didalam Rutan yang dilakukan oleh Napi berinisial “SD”, dari tangan SD diamankan sabu-sabu seberat 0,4 Gram dan dari pengakuannya bahwa barang tersebut juga atas titipan “TS” yang merupakan Napi juga yang notabene sudah menjalani vonis 4 Tahun penjara namun masih memiliki hubungan jaringan diluar untuk mengirimkan barang haram tersebut kedalam Rutan, jelas Kapolres Cirebon Kota AKBP Adi Vivid AB, S.Ik, M.Hum, M.S.M melalui Kasat Narkoba AKP Achmad Gunawan, SH.

Tidak berhenti disitu, kemudian petugas langsung melakukan pengembangan dan berhasil mengamankan FR dirumahnya di wilayah Gunung Jati-Cirebon. Dari hasil penggeledahan, petugas menemukan sejumlah barang bukti berupa dua paket besar sabu-sabu seberat 150 gram, satu paket sedang daun ganja kering yang dibungkus kresek hitam, satu buah timbangan, dan dua pax plastik bening.

“Sabu-sabu seberat 1,5 Ons jika dirupiahkan nominalnya mencapai Rp. 220 juta jelas AKP Achmad Gunawan”

Atas perbuatannya, para tersangka dijerat Pasal 114 ayat (2) dan pasal 112 ayat (2) dan Pasal 111 ayat (1) UU. RI no. 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara.

Sementara terkait penyalahgunaan obat-obatan sedian farmasi, Sat Narkoba Polres Cirebon Kota juga berhasil mengungkap peredaran obat-obatan sediaan farmasi sebanyak 2371 butir (Tramadol, Trihexyphendyl, Dextro dan Zenith) dan uang hasil penjualan sebesar Rp. 263 rupiah, dengan jumlah tersangka sebanyak 7 orang dengan inisial DJ, JJ, NR, BD, YS, TD dan JN yang merupakan warga Kota Cirebon.

Tersangka dijerat Pasal 196 Jo Pasal 197 UU No.36 Tentang Kesehatan dengan ancaman hukuman maksimal 10 Tahun Penjara.

Penulis : M.Jumaedi

Editor   : Umi Fadilah

Publish : Yayat

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password