Pelaksanaan Hari Buruh di Sumut Berjalan Dengan Aman dan Kondusif, Kapolda Ucapkan Terimakasih

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sumut – Pelaksanaan perayaan Hari Buruh Internasional yang jatuh pada 1 Mei 2017 oleh buruh di wilayah Sumatera Utara secara keseluruhan berjalan aman dan kondusif. Kegiatan perayaan tersebut oleh para buruh disejumlah wilayah di Sumut diisi dengan kegiatan orasi dan hiburan musik.

Hal tersebut disampaikan oleh Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol. Dra Rina Sari Ginting usai memantau pelaksanaan hari buruh disejumlah lokasi di Medan bersama beberapa pejabat utama mendampingi Kapolda Sumut.

“Untuk wilayah medan, buruh melakukan longmarch dan orasi di sejumlah lokasi antara lain Gelanggang Remaja, Bundaran SIB, DPRD Sumut, Kantor Gubsu, dan Lapangan Merdeka diikuti oleh ribuan peserta organisasi buruh. Keseluruhannya berjalan aman.” ujar Kombes Rina.

Situasi kondusif tersebut juga tidak lepas dari peranan Kepolisian yang secara maksimal melakukan pengamanan baik melalui kegiatan preemtif maupun preventif. Jajaran Polda Sumut menyiapkan sebagian besar personilnya dalam mengamankan aksi kegiatan buruh tersebut.

Terpantau dibeberapa daerah seperti Pemkab Deli Serdang mengadakan kegiatan hiburan bagi para buruh. Kapolres Deliserdang turut menghadiri kegiatan perayaan hari Buruh tersebut.

“Selain hiburan, Panitia juga menyiapkan lucky draw bagi buruh Deliserdang untuk lebih menyemarakkan kegiatan tersebut.” Ujar  Kombes Rina.

Sementara diwilayah Polres Pematang Siantar sekitar Pkl.10.00 Wib Serikat Buruh Seluruh Indonesia (SBSI) yang dipimpin oleh Ramlan Sinaga  melaksanakan Kegiatan Pawai Dengan mengunakan Truck Kontainer 1 unit Pembawa Sound Sistem dan Pengeras Suara ,  Roda 4 ( empat ) 5 Unit dan Roda 2 (dua) 100 unit.

“Jumlah peserta sebanyak lebih kurang 500 ( Lima Ratus ) orang, dalam arak arakan dan Pawai massa SBSI (Serikat Buruh Solidaritas Indonesia) melintasi  rute sebagai  berikut :  titik kumpul /Sekretariat SBSI Jl. Jend. A. Yani No. 102 Kec. Siantar Timur kota Pematangsiantar, menuju Jl. Sutomo – Jl. Kartini – Jl. Rajamin Purba – Jl. SM. Raja – Jl. Patuan Nagari – Jl. Ade Irma Suryani – Jl. Jend. Sudirman – Jl. Merdeka dan Finish di halaman Gedung Olah Raga (GOR) Pematangsiantar Jl. Merdeka kota Pematangsiantar di Halaman GOR Pematangsiantar.” Ujar Kombes Rina.

Massa SBSI juga mendengarkan Arahan dan Pencerahan Tentang Apa saja Hak dan Kewajiban yang harus di berikan Perusahaan  kepada Pekerja/Buruh yang harus di jalankan Oleh Perusaan. Dalam Arahan Tersebut sebagai Narasumber ialah Ketua SBSI Kota Pematangsiantar Ramlan Sinaga. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolres Pematangsiantar AKBP DODI DARJANTO, SIK,  MTTA.

Kegiatan perayaan”May Day tahun 2017″ dalam rangka hari Buruh Internasional pada Kab.Labuhanbatu dihadiri oleh gabungan buruh dan tani di Kab.Labuhanbatu dan Kab.Labuhanbatu Utara Hiburan rakyat diisi kegiatan hiburan dengan diiringi musik organ tunggal.

“Kegiatan Buruh Labuhan Batu kemudian dilanjutkan dengan orasi perayaan hari Buruh Thema Dengan Hari Buruh Internasional 1 Mei 2017, Mari Kita Jadikan Buruh Cerdas, Rakyat Sejahtera, Produktifitas Meningkat, Negara Kuat.” Ujar Kombes Rina.

Kombes Rina menyampaikan Kapolda Sumut menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada massa buruh dan masyarakat Sumut atas terciptanya situasi kondusif selama pelaksanaan hari Buruh Internasional 1 mei 2017 berlangsung.

“Kapolda Sumut menyampaikan rasa terimakasihnya kepada para buruh atas pelaksanaan kegiatan hari buruh pada hari yang berlangsung aman dan kondusif. Para buruh juga melakukan orasi dan longmarch dengan tertib dan santun. Kapolda Sumut juga berharap semoga kesejahteraan buruh semakin meningkat.” Tutur Kombes Rina menyampaikan rasa terima kasih Kapolda Sumut.

Penulis : Rico

Editor : Umi Fadilah

Publish : Rico

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password