Partisipasi Polsek Dalam Pelestarian Adat Budaya Dayak Kanayatn

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar – Banyaknya Suku dan Adat Istiadat di Indonesia, menandakan bahwa bangsa Indonesia terdiri dari berbagai – berbagai macam suku bangsa yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia.

Tak terkecuali Suku Dayak Kanayatn, yang terdapat di pedalaman Kalimantan Barat , begitu banyak kebiasaan / budaya Dayak Kanayatn yang masih dipelihara sampai dengan detik ini.

Mulai dari adat pernikahan, adat bercocok tanam, adat kematian, dan lain sebagainya, dalam hal ini sebagai pelindung, pengayom, pelayan masyarakat Polri menjunjung tinggi adat istiadat budaya khususnya adat dayak kanayatn di masing – masing wilayah.

Seperti halnya yang di lakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Agak BRIGPOL Heriyanto Pabayo, yang ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan acara adat ” yaru sumangat” (memanggil semangat) karena telah terjadi kecelakaan.

Kegiatan tersebut di laksanakan di Punyanget Dusun Senunuk Desa Agak Kecamtan Sebangki bersama dengan para pengurus adat dan masyarajat di Dusun tersebut

Partisipasi Polri dalam kegiatan tersebut, menandakan bahwa Polri menghargai dan menjunjung tinggi adat istiadat yang ada diwilayah, khususnya di KecamatanSebangki sekaligus menjalin komunikasi baik dengan Dewan Adat Dayak ( DAD ) Kecamatan Sebangki.

Hal senada juga di sampaikan oleh Kapolsek Sebangki AKP Wahyono bahwa Polri tetap menjunjung tinggi adat istiadat dan hukum adat yang ada di Kecamatan Sebangki.

“oleh karena itu pentingnya kerjasama atau sinergitas antara Polri dan pengurus adat setempat dalam menyelesaian atau menangani permasalahan yang ada di wilayah Sebangki ,”terang Kapolsek.

Penulis : Deo Herverisis Tahta
Editor    : Umi Fadillah / Sugeng HS
Pubilsh : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password