Amankan May Day, 699 Personel Polda Bali Disiagakan

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Polda Bali mengawal sekaligus mengamankan jalannya aksi damai yang dilakukan ratusan buruh terkait peringatan hari buruh internasional di depan Kantor Gubernur Bali Jalan Basuki Rahmat No. 1 Denpasar, Senin (1/5). Aksi damai ini diikuti berbagai elemen seperti Federasi Serikat Pekerja Mandiri (FSPM) Bali, Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) Komite Kota Bali, Front Mahasiswa Nasional (FMN) Denpasar, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bali dan Lembaga Advokasi Buruh (LAB) Bali.

WhatsApp Image 2017-05-01 at 10.56.52Para peserta melakukan long march diiringi gamelan bali (Baleganjur) di seputaran Renon Denpasar dengan membentangkan spanduk dan poster yang berisi sejumlah tuntutan kepada pemerintah. Tiba di depan kantor Gubernur Bali, peserta aksi damai dari FMN Denpasar melaksanakan treatrikal yang menceritakan nasib buruh bali mendapat penindasan dari penguasa dan pengusaha, sehingga kaum buruh melakukan perjuangan untuk mendapatkan keadilan.

Koordinator lapangan (Korlap) Ida I Dewa Made Rai Budi Darsana mengatakan ada delapan tuntutan dan pernyataan sikap yang disampaikan yaitu melawan kebijakan ekonomi Jokowi-JK yang menyengsarakan kaum buruh, cabut PP 78 Tahun 2015 tentang pengupahan, hentikan PHK dalam bentuk apapun, hapus sistem kerja kontrak, hapus sistem kerja outsourcing, hentikan politik upah murah, wujudkan Upah Minimum Sektoral Provinsi (UMSP) dan hentikan segala bentuk pengekangan berserikat, serta hentikan segala bentuk intimidasi, teror, kekerasan dan kriminalisasi terhadap gerakan buruh serta gerakan rakyat lainnya.

Ida I Dewa Made Rai Budi Darsana menambahkan bahwa kondisi tenaga kerja di Bali sangat jauh dari keadilan, sampai saat ini belum pernah mendengar kebijakan yang pro kepada tenaga kerja. Pihaknya pun akan terus berjuang sampai mendapat keadilan. “Bali mandara hanya sebuah selogan semata, dalam momentum hari buruh international ini, kita menolak kerja kontrak, menolak upah murah dan menolak tenaga kerja outsourcing,” ujar Ida I Dewa Made Rai Budi Darsana dalam orasinya.

Usai berorasi para peserta aksi damai meninggalkan tempat dan menuju kerumah masing-masing dengan tertib, sehingga secara umum pelaksanaan peringatan hari buruh internasional di Bali berjalan dengan aman dan lancar. Hal itu tidak terlepas dari peran Polda Bali dan masyarakat Bali untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban.

Untuk diketahui bahwa Polda Bali memberlakukan siaga satu untuk meningkatkan penjagaan dan pengamanan agar situasi keamanan tetap aman dan kondusif. Sebanyak 699 personel disiagakan untuk mengantisipasi kegiatan unjuk rasa dalam rangka memperingati hari buruh internasional atau may day ini.

Penulis  : I Ketut Bina Wartawan

Editor    : Umi Fadilah

Publish  : I Putu Adnyana

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password