Miras di Banggai : Kapolsek Pagimana Menghadiri Sosialisasi Pengalihan Cap Tikus ke Bio Ethanol

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulteng / Polres Banggai, Kapolsek Pagimana Iptu Musa S.Sos, menghadiri sosialisasi pembuatan bio ethanol, di Desa Sepa, Kecamatan Pagimana, Minggu (30/4/2017). Sosialisasi ini dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banggai dr Anang Otoluwa, Kades serta sejumlah warga Sepa.

Sosialisasi itu dilaksanakan dari buah pikir Kapolsek bersama mantan Bhabinkabtibmas Desa Sepa Bripka Bachri Lekeng. Sebab, warga sepa masih banyak yang memproduksi minuman  keras (miras) jenis cap tikus.

“Kami berdialog dengan Kades dan tokoh masyarakat Desa Sepa. Mereka pun bersepakat untuk beralih ke produksi bio ethanol. Akhirnya, kami pun menghubungi dinas terkait. Dan Alhamdulillah, sosialisasi terlaksana hari ini,” tutur Kapolsek Pagimana

Berkaitan dengan sosialisasi itu, Kades Sepa mengharapkan agar warga jangan lagi menjual dan memproduksi cap tikus. Apalagi sampai berurusan dengan hukum karena tertangkap gara-gara miras. “Kades ingin memperbaiki perekonomian warga, dengan cara memproduksi bio ethanol,” paparnya.

Ia menuturkan, di Desa Sepa, terdapat 40 hektar pohon enau. Jika dikelola, menghasilkan 7 ribu liter air nira per hari. Olehnya itu, pemerintah desa siap membangun pabrik bio etahnol yang dialokasikan melalui dana desa.

Kapolsek meminta kepada Kades dan Kadis Kesehatan agar sosialisasi ini jangan hanya sekedar wacana. Pemerintah harus merealisasikan janjinya. Sebab, jika tidak direalisasi, maka warga akan kembali produksi miras. “Kami tidak akan mentelolir. Pasti akan ditindak tegas  dna diproses hukum yang berlaku bagi pelaku miras,” tegas Kapolsek.

Penulis   : Khaerudin

Editor     : Umi Fadilah

Publish   : Khaerudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password