Polda Sumut Gelar Apel Kesiapan Pengamanan Hari Buruh

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sumut – Polda Sumut melaksanakan apel kesiapan pengamanan hari Buruh Internasional yang jatuh pada hari ini Senin, 1 Mei 2017. Kegiatan apel tersebut sekaligus sebagai konsolidasi pasukan dalam mengamankan kegiatan aksi buruh yang direncanakan dilaksanakan dibeberapa tempat di Kota Medan dan beberapa wilayah di Sumut.

Apel tersebut dihadiri oleh seluruh personil Satker Polda Sumut di Lapangan Apel KS Tubun Markas Polda Sumut Jalan Sisingamangaraja Medan.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol. Dra Rina Sari Ginting menjelaskan kegiatan apel kesiapan pengamanan tersebut dipimpin oleh Kepala Biro Operasional Polda Sumut Kombes Pol. Drs. Imam Prakoso dan turut dihadiri oleh seluruh pejabat utama Polda Sumut.

“Pengamanan peringatan hari buruh May Day melibatkan personel pengamanan sebanyak 2.885 dengan rincian Polda Sumut 657 personel dan Satuan Tugas Kewilayahan 2.228 personel.” ujar Kombes Rina.

Kombes Rina mengatakan, sejumlah serikat buruh akan merayakan peringatan May Day dengan masing-masing cara. Dari pemberitahuan yang sudah disampaikan sejumlah serikat atau organisasi buruh ke Polda Sumut,ujar Kombes Rina mengatakan sebelumnya pada tanggal 30 Mei 2017, para perwakilan Buruh melaksanakan Renungan Malam hari buruh sedunia yang diselenggarakan Korwil K-SBSI 01.

“Kegiatan dilakukan dalam bentuk pembakaran 500 lilin dan beberapa kegiatan lainnya di Pendopo Lapangan Merdeka kota Medan, mulai pukul 18.30 wib s/d pukul 20.30 wib, diikuti sekitar 300 orang, yang berasal dari Belawan, Mabar, Tanjung Morawa, Binjai, Sunggal, Deli serdang dan Medan. Kegiatan sendiri berjalan dengan lancar.” ujar Kombes Rina.

Pada tanggal 1 Mei 2017 direncanakan massa buruh melaksanakan kegiatan Hiburan yang dirayakan 6.250 orang buruh dan dilaksanakan di 7 wilayah hukum Polres antara lain Polrestabes Medan di Gelanggang Remaja dengan massa 1.500 orang, Polres Deli Serdang di Lap. Alun Alun Bupati Deliserdang dengan massa 1.000 orang. Sementara itu untuk wilayah Polres Labuhan Batu di Gedung nasional Rantau Prapat. 1.500 orang, Polres Pematang Siantar di Jl. Jenderal A Yani dihadiri massa buruh 200 orang. Polres Pematang siantar di Jl. Merdeka jumlah massa 300 orang.

Polres Sergai di lap. Sepak bola Firdaus Sei Rampah. 1.500 orang. Terakhir Polres Sibolga/ Polres Tapteng di pantai Kalangan kec. Pandan Tapteng sebanyak 250 orang.

“Massa buruh juga melakukan kegiatan Bakti sosial (Donor Darah) dilaksanakan di wilkum Res Seli serdang di Dusun IV  Tanjung Morawa Deliserdang 150 orang dan kegiatan Gerak jalan yang dilaksanakan di wilkum Polres Tebing Tinggi di lapangan Merdeka sebanyak 250 orang.” ujar Kombes Rina.

Kabid Humas menambahkan Konvoi dan pawai massa buruh akan diikuti 900 orang yang dilaksanakan di 2 wilkum Polres. Yaitu Polrestabes Medan dengan rute bundaran SIB – Kantor Gubsu. Titik kumpul di Istana Maimun dan Lap. Garuda Tanjung Morawa 600 orang ditambah Rute bundaran SIB – kantor Pos – Lap Merdeka sebanyak 200 orang. Untuk Polres Asahan konvoi buruh memiliki rute dari Tugu Juang – kantor Bupati diikuti 100 orang.

“Esok tanggal 2 Mei 2017 direncanakan Aksi unjuk rasa GERAM SU terdiri dari 19 elemen: SP/SB, Mahasiswa, dan LSM berlokasi di kantor Gubernur, DPRD SU, Bundaran SIB dengan estimasi Jumlah massa 500 orang.” Jelas Kombes Rina.

Kombes Rina sendiri berharap kegiatan peringatan Hari Buruh pada tahun ini di wilayah Sumut berjalan dengan aman dan lancar.

“Mungkin ada beberapa titik kemacetan, untuk itu diharapkan masyarakat menghindari titik kemacetan yang menjadi titik kumpul para buruh melakukan kegiatannya. Untungnya hari ini adalah libur nasional sehingga kegiatan masyarakat umum dijalan agak berkurang.” ujar Kombes Rina.

Penulis : Rico

Editor : Umi Fadilah

Publish : Rico

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password