Brigpol Yanto Swabra Sosok Pelatih yang Membawa Kemenangan Team SSB PUJA FC

Tribratanews.polri.go.id  Polres Puncak Jaya – Melihat setiap hari anak-anak bermain bola dengan begitu semangat membuat hati seorang anggota Polisi di Polres Puncak Jaya ini berfikir untuk mengembangkan potensi dan semangat yang dimiliki anak-anak asli Papua di Kab. Puncak Jaya ini karena tidak menutup kemungkinan mereka bisa menjadi pemain sepak bola yang handal.

Sehingga pada bulan Februari tahun 2016 mulailah Brigpol Yanto M. Swabra,S.Sos meretas dan mencari bakat-bakat muda yang ada di Kabupaten Puncak Jaya, Beliau datang ke rumah-rumah dan sekolah-sekolah menanyakan dan mencari anak-anak yang suka bermain bola dan meminta ijin kepada guru dan orang tuanya.

Dengan biaya sendiri hingga dapat terbentuklah SSB PUJA FC (sekolah sepak bola Puncak Jaya) yang sebelumnya belum pernah ada di kabupaten ini, mulanya memang sedikit yang berminat namun dengan kesabaran, tekat dan kerja keras hingga saat ini peserta SSB PUJA FC sudah mencapai 105 anak-anak dan remaja dari usia 9 sampai dengan 20 tahun.

Latihan pun memakai sarana dan alat seadanya dan dilakukan setiap hari dari pukul 15.00 s/d 17.00 wit, setelah Brigpol Yanto M. Swabra,S.Sos menyelesaikan pekerjaannya di Polres Puncak Jaya.

Melihat perjuangan Brigpol Yanto M. Swabra,S.Sos dalam melatih anak-anak bermain bola, Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Puncak Jaya Yuni Tabuni,S.Pd akhirnya mulai memperhatikan SSB PUJA FC.

tbl1.1

“Dari dulu belum pernah ada di bentuk SSB di Kabupaten ini karena kurangnya minat, dana yang pas-pasan, kurangnya sarana dan alat serta pelatihnya tidak ada, namun saya heran dengan Bapak Polisi ini kok bisa dia rekrut dan beri semangat hingga akhirnya ratusan anak mau ikut latihan dan hebatnya lagi dia biayai sendiri” Ujar Kadispora.

Seperti apa yang dikatakan pepatah bahwa hasil tidak akan menghianati Proses, mimpi dan harapan Brigpol Yanto Swabra serta anak didiknya pun akhirnya bisa menjadi kenyataan, Pada tanggal 6 April 2017 SSB PUJA FC dari Kab. Puncak Jaya berhasil mendapatkan juara 1 piala Gubernur untuk usia 14 tahun, setelah berhasil mengalahkan club dari semua kabupaten yang ada di Provinsi Papua.

Kini Team SSB PUJA FC akan mempersiapkan diri untuk mengikuti pertandingan Piala Menteri Pemuda dan Olah Raga bulan 6 besok yang akan diadakan di Jayapura untuk usia 16 tahun dan juga mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi Timnas 19 untuk Wilayah Provinsi Papua.

 

Penulis : Faktur R. ( Humas Res Puncak Jaya )

Editor  : Umi Fadillah

Publish : F.N. Surlialy

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password