Cegah Kebocoran Naskah dan Kelancaran Distribusi UNAS, Polsek Purwokerto Timur Banyumas Lakukan Pengawalan

Tribratanews.polri.go.id, Polres Banyumas – Untuk Pendistribusian Naskah Ujian Nasional (UNAS) untuk SMP, MTs dan SMP LB, dari Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banyumas ke SMP Negeri 3 Purwokerto (Sub Rayon 3) sebagai tempat penyimpanan naskah UNAS, anggota Polsek Purwokerto Timur, Polres Banyumas, Polda Jawa Tengah Aiptu Yuliyanto, S.H dan Aiptu Adhun W melaksanakan pengawalan, kemarin.

Menurut Kasi Kurikulum Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Agus Wahidin mengatakan bahwa Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas pada tahun pelajaran 2016/2017 sudah menyiapkan 7 (tujuh) subrayon yang akan digunakan sebagai titik penyimpanan naskah ujian nasional SMP/MTs dan SMP LB. Ketujuh titik subrayon tersebut berada di Purwokerto, Kedungbanteng, Ajibarang, Jatilawang, Sumpiuh, Banyumas dan Sokaraja. Pembagian subrayon yang menaungi beberapa kecamatan tersebut, dimaksudkan sebagai titik simpul koordinasi, penyimpanan dan distribusi naskah UN serta pengumpulan lembar jawab ujian nasional sebelum dikirim ke dinas pendidikan Kabupaten Banyumas.

“Sedangkan untuk teknis pendistribusian dan persiapan pelaksanaan ujian nasional telah disampaikan kepada segenap panitia subrayon agar mempedomani Prosedur dan Operasi Standar Ujian Nasional. “Pada prinsipnya teknis pelaksanaan UN tahun pelajaran 2016/2017 ini relatif hampir sama dengan tahun sebelumnya.”, jelas Kabid Dikdas.

Ujian Nasional jenjang SOP/MTs dan SMP LB di Kabupaten Banyumas akan dimulai tanggal 2,3,4 dan 8 Mei tahun 2017, dimulai dari mapel Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA.

Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas menetapkan Daftar Nominasi Tetap (DNT) peserta Ujian Nasional (UN) jenjang SMP Tahun 2017, tercatat sebanyak 25.722 siswa yang akan mengikuti ujian nasional, dengan rincian sebanyak 20.408 siswa berasal dari jenjang SMP negeri dan swasta, serta 5.080 siswa dari MTs negeri dan swasta di Kabupaten Banyumas. Adapun untuk peserta didik dari SMP Luar Biasa tidak masuk, sebab sudah menjadi kewenangan dari pemerintah propinsi.

Dalam pelaksanaan UN tahun ini, tercatat ada sebanyak 69 SMP yang akan menerapkan ujian nasional dengan sistem berbasis komputer atau UNBK. Namun dari jumlah itu, sebanyak 22 sekolah di antaranya akan menggelar UNBK secara mandiri. Sisanya, yakni sebanyak 47 sekolah akan menumpang di sekolah lain. Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di 5 (lima) SMP, yakni SMP N 1 Purwokerto, SMP N 2 Purwokerto, SMP N 3 Purwokerto, SMP Susteran dan SMP Nasional 3 Bahasa Purwokerto.

Kapolres Banyumas AKBP Azis Andriansyah, S.H., S.I.K., M.Hum melalui Kapolsek Purwokerto Timur Kompol Gusman Fitra, S.I.K membenarkan bahwa untuk mencegah kebocoran naskah UNAS dan agar pendistribusiannya lancar dilakukan pengawalan anggota Polsek Purwokerto Timur.

Penulis : Andi Humas Polsek Purwokerto Timur

Editor : Umi Fadilah

Publish : Frismi Zusyi

Admin Polri56607 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password