Bhabinkamtibmas Polsek Lumbir Banyumas Gotong Royong Bantu Pengendalian Hama Tikus

Tribratanews.polri.go.id, Polres Banyumas – Dalam dunia pertanian terkhususnya pada tanaman padi, pasti para petani selalu mengharapkan hasil panen yang semaksimal mungkin.

Namun hal yang diharapkan tersebut bukan tidak akan menemui kendala sama sekali, melainkan seringkali petani juga dihadapkan pada tantangan serangan hama yang salah satunya disebabkan oleh tikus. Tikus sawah merupakan salah satu jenis hama pada tanaman padi yang dapat mengakibatkan kerugian besar dan sangat meresahkan petani.

Atas dasar keresahan petani itulah kemudian Kelompok Tani Ngudi Mulyo di Desa Cingebul Kec. Lumbir Kab. Banyumas berkoordinasi dengan petugas Penyuluh Pertanian Lapangan. Dibenarkan sdri. Dian Adha Sari, A.Md selaku PPL Desa Cingebul bahwa memang sudah ada pemohonan, sehingga dilaksanakanlah Pengendalian Hama Tikus, Minggu (30/4-2017).

WhatsApp Image 2017-04-30 at 08.41.33Adapun tanaman padi yang sudah terserang hama tikus kurang lebih 1 Ha dan teramcam mulai mengancam 30 Ha lahan sawah lain.

Kapolres Banyumas AKBP Azis Andriansyah, S.H., S.I.K., M.Hum melalui Kapolsek Lumbir AKP Soeprihartono bersama Bhabinkamtibmas Brigadir Dedy menyatakan mengatakan bahwa Bhabinkamtibmas selaku pemangku desa wajib menyingsikan lengan baju untuk turut bersama bergotong royong dengan para pemangku kepentingan dibidang pertanian sehingga pengendalian hama tikus sawah dapat diatasi dan berujung pada hasil panen para kelompok tani yang maksimal.

“Kegiatan pemberantasan hama tikus yang diikuti kurang lebih 50 orang di area persawahan lor Desa Cingebul ini menggunakan 2 teknik. Teknik yang dipakai dalam pemberantaaan hama tikus dengan Mercon Tikus merk Tiran 58PS dan umpan beracun merk Petrokum 0,005 BB.”, ungkap Bapak Panuju, A.Md selaku Mantri Tani.

Hadir dalam kegiatan tersebut Babinkamtibmas Desa Cingebul Brigadir Dedy P, Babinsa Desa Cingebul, Sekdes Cingebul/Ketua Gapoktan, Kadus 1 Desa Cingebul/Ketua Kelompok Ngudi Mulya, Mantri Tani, PPL Kecamatan Lumbir, Pengamat Hama, PPL Desa Cingebul dan anggota Poktan sebanyak 42 orang

“Kegiatan pemberantasan hama tikus berlangsung lancar kondusif serta ucapan terimakasih dari perwakilan Poktan Ngudi Mulyo telah dibantu dari semua unsur terkait.”, pungkas Kapolsek.

Penulis : Polsek Lumbir

Editor : Umi Fadilah

Publish : Frismi Zusyi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password