Jelang UNBK/UNKP, Polsek Purwokerto Timur Banyumas, Sambangi Tempat Penyimpanan Naskah UNAS

Tribratanews.polri.go.id, Polres Banyumas – Bertempat di Sub Rayon 1 SMP N 3 Jalan Gereja Purwokerto, semalam Sabtu 29 April 2017 pukul 23.00 wib, anggota Polsek Purwokerto Timur, Polres Banyumas, Polda Jawa Tengah sambangi tempat penyimpanan naskah UNAS.

Naskah UNAS yang kemarin siang baru saja di distribusikan dari Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas ke Sub Rayon 1 di SMP N 3 Purwokerto itu, semalam sudah tersimpan aman di dalam ruangan gedung SMP N 3 Purwokerto. Dijaga oleh 4 orang piket guru selama 12 jam, dimana untuk menjaga naskah itu piket guru di bagi 2 sift dan setiap satu sifnya berjumlah 4 orang.

Menurut keterangan dari Sugiri, S.Pd salah satu guru yang sedang piket jaga naskah mengatakan, untuk Ujian Nasional yang akan dilaksanakan siswa/siswi SMP/MTs/SMP LB serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 2,3,4 dan 8 Mei 2017 itu bentuk ujiannya ada 2. Tidak berbeda dengan UNAS SMA/SMK, untuk sesi pertama di pagi hari yang dimulai jam 07.00 wib Ujian Nasional dalam bentuk UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer).

Sedangkan di sesi kedua yang dimulai pada jam 10.30 wib, Ujian Nasional dalam bentuk UNKP (Ujian Nasional Kertas dan Pensil) atau dalam bentuk naskah tertulis dan naskah atau soal ujian tersebut akan diambil oleh sekolah-sekolah penyelenggara UNAS yang bernaung di Sub Rayon 1 pada jam 08.00 wib untuk diujikan pada sesi ke kedua yang dimulai jam 10.30 wib dengan waktu selama 120 menit atau 2 jam.

“Selanjutnya apabila materi/naskah soal itu sudah diujikan kepada siswa, maka LJUN atau Lembar Jawab Ujian Nasionalnya segera dikembalikan lagi ke Sub Rayon 1 dan ini dilakukan selama 4 hari.”, jelas Sugiri, S.Pd guru SMP N 3 Purwokerto.

Kapolres Banyumas AKBP Azis Andriansyah, S.H., S.I.K., M.Hum melalui Kapolsek Purwokerto Timur, Polres Banyumas, Polda Jawa Tengah Kompol Gusman Fitra, S.I.K mengatakan dan membenarkan bahwa pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMP/MTs/SMP LB dengan sistem UNBK maupun UNKP itu dilakukan monitoring dan pengumpulan data oleh anggota Polsek Purwokerto Timur, khususnya sekolah penyelenggara UNAS yang ada di wilayah Purwokerto Timur.

Penulis : Andi Humas Polsek Purwokerto Timur

Editor : Umi Fadilah

Publish : Frismi Zusyi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password