Polres Tanggamus Apresiasi Silaturahmi Pemuda Lintas Agama Kabupaten Pringsewu Lampung

Tribratanews.polri.go.id – Polres Tanggamus. Mewakili Kapolres Tanggamus, AKBP Alfis Suhaili, S.Ik., M.Si., Kasat Intelkam Iptu Andi Yunara, SH., menghadiri  silaturahmi antara Pemuda Muhammadiyah dan Pemuda Khatolik (PK) komisariat cabang Kabupaten Pringsewu yang diselenggarakan di gedung dakwah Muhammadiyah Pringsewu, Jalan K.H Gholib Kelurahan Pringsewu Barat Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu, Sabtu (29/4/17) jam 10.00 Wib.

Dalam sambutannya, Kasat Intelkam Polres Tanggamus, Iptu Andi Yunara, SH., mengatakan kegiatan silaturahmi antar pemuda lintas agama sampai saat ini sudah dilaksanakan dua kali, Polres Tanggamus mengapreasi kegiatan silaturahmi Pemuda Katolik dan Pemuda Muhammadiyah karena Polri dalam hal ini diamanatkan pemerintah sebagai garda terdepan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) karena sesuai tugas pokok Polri yang salah satunya sebagai Harkamtibmas maka dipandang perlu kegiatan seperti ini dilaksanakan karena semua moment kegiatan negara ada di tangan para pemuda.

Silaturahmi antara Pemuda Muhammadiyah dan Pemuda Khatolik (PK) komisariat cabang Kabupaten Pringsewu duduk bersama dalam keakraban.
Silaturahmi antara Pemuda Muhammadiyah dan Pemuda Khatolik (PK) komisariat cabang Kabupaten Pringsewu duduk bersama dalam keakraban.

“Dilapangan, sering terjadi  salah paham karena miskomunikasi, jadi dengan adanya kegiatan ini jalinan silaturahmi dapat semakin erat antar pemuda kedepannya” ujar Iptu Andi Yunara.

Kedepan, lanjut Kasat Intelkam, Polres Tanggamus akan melaksanakan upacara bendera di sekolahan, pesantren, Pemda yang bertujuan membangkitkan jiwa nasionalisme, Polres Tanggamus berharap pemuda mendukung hal tersebut serta menjelang hari buruh Kasat Intelkam menghimbau agar para pemuda menyikapi hal tersebut dengan cara damai seperti baksos, tidak harus dengan cara mengirimkan perwakilannya  melaksanakan unjuk rasa.

Kasat juga berpesan, guna menghindari konflik sosial khususnya antar pemuda sangat diperlukan persatuan pemuda, dapat saling menjaga keamanan disaat umat beragama melaksanakan ibadah serta lebih meningkatkan jalinan kerukunan di masyarakat, antar umat beragama dan pemerintahan guna menjalin keamanan sehingga bersama-sama  membangun bangsa yang besar melalui organisasi kepemudaaan

“Pertemuan selanjutnya akan dilakukan kegiatan pertemuan pemuda antar umat beragama yang melibatkan pemerintahan Kabupaten Pringsewu dan agar organisasi Forum Komunikasi Antar Pemuda Lintas Agama yang sudah terbentuk segera di realisasikan kegiatannya, dari hasil evaluasi dari Kominda bahwa Kesbangpol segera mengupayakan anggaran” imbuhnya.

Ketua PK komisariat cabang Pringsewu, Robertus Didik Budiawan mengatakan maksud dan tujuan silahturahmi guna mempererat silaturahmi antar umat beragama untuk menjaga keharmonisan beragama dan bersama-sama membangun Kabupaten  Pringsewu, membangun komunikasi organisasi supaya PK ikut bergandeng tangan membangun Pringsewu.

Ketua PK komisariat cabang Pringsewu, Robertus Didik Budiawan menyerahkan cindramata kepada
Kasat Intelkam Iptu Andi Yunara menyaksikan penyeran cindramata oleh Ketua PK komisariat cabang Pringsewu, Robertus Didik Budiawan cindramata Ketua Pemuda Muhammadiyah Pringsewu, Hardi Santoso.

“Sehingga pemuda katolik terbentuk mempunyai karakter dan semangat membangun NKRI. Indonesia memiliki kekayaan keberagaman, kita bisa membingkainya menjadi sesuatu yang indah  sebagaimana semboyan kita Bhineka Tunggal Ika” kata Robertus Didik Budiawan.

Sementara itu Ketua Pemuda Muhammadiyah Pringsewu, Hardi Santoso, sangat sepakat akan menjalin silaturahmi dengan semua organisaasi pemuda lintas agama di Kabupaten Pringsewu yang secara kebetulan telah terbentuk dengan ketua Forum Pemuda Lintas Agama (FPLA) yang diketuai oleh  Hardi Santoso,  kedepan akan bersinergi lebih baik lagi dengan seluruh pemuda ljntas agama untuk meningkatkan Kabupaten Pringsewu yang lebih kondusif dan berkarakter dalam menjalin hubungan antar lintas agama.

“setiap organisasi bisa menggunakan seragam apa saja asalkan tujuannya untuk membangun Indonesia, Pringsewu tidak bisa dibangun pemerintah sendirian tapi harus ada partisipasi masyarakat khususnya pemuda untuk membangun cita-cita Pringsewu Bersenyum Manis, mari silaturahmi ini kita jadikan sebagai forum bersama untuk saling bertukar ide dan gagasan” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut ketua PK komisariat Pringsewu R.Didik Budiawan menyerahkan cindramata kepada Ketua Pemuda Muhammadiyah Pringsewu, Hardi Santoso disaksikan Kasat Intelkam, juga  saling memperkenalkan diri kedua organisai tersebut serta sesi tanya jawab.

Pada sesi tanya jawab, Pemuda Katolik, Ferdinan mengatakan bahwa dirinya bekerja di  RS Mitra Husada terkadang sulit untuk mendapatkan donor darah, dia berharap kedepannya perlunya direncanakan organisasi kepemudaan untuk melaksanakan kegiatan donor darah secara bersama sama demi kepentingan kesehatan umat secara umum tanpa melihat agama, suku bangsa dan ras. Ketua Pemuda Muhammadiyah, Hardi Santoso mengatakan kepengurusan saat ini untuk Ketua FPLA dijabat oleh Ketua Pemuda Muhammadiyah sehingga jangan ada ansumsi untuk kepengurusan selalu dikendalikan oleh mayoritas.

“Kita satukan visi dan misi dengan mengesampingkan segala kepentingan pribadi dan golongan” tutup Hardi Santoso.

Kegiatan silaturahmi yang  berakhir jam pukul 11.55 Wib berjalan kondusif juga dihadiri, Kanit Intelkam Polsek, Ipda Darwin, Panit 2 Sabhara Polsek Iptu Halimatus, Anggota Polsek Bripka Muhargono, anggota pemuda Muhammadiyah Pringsewu dan anggota pemuda Khatolik komisariat cabang Pringsewu. (*)

Penulis  : N.Muslih

Editor     : Umi Fadilah

Publish  : N.Muslih Lpg

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password