Terpikat Pandangan Pertama, Gendang Beleq Polres Loteng Sambut Jendral Bintang 3 Sesuai Perintah Kapolda

Tribratanews.polri.go.id – Mataram, baru tampil sekali di hadapan Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Kapolda NTB), Brigjen Pol Drs Firli Msi sudah dibuat jatuh hati oleh kelakuan “Gendang Beleq Polres Lombok Tengah” yang sempat pamer kebolehan pada saat kunjungan kerjanya sekitar satu minggu yang lalu. Buktinya untuk menyambut Tamu Kehormatan seorang Jendral Bintang 3 dengan jabatan Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol Putut Eko Bayu Seno, “Personel Besapuq” dari Lombok Tengah harus  turun tangan, Jum’at (28/04).

AKP Pratiwi menerangkan bahwa, permintaan penyambutan Kabaharkam dengan Gendang Beleq ini turun langsung dari Bapak Kapolda melalui Bapak Kapolres Lombok Tengah AKBP Kholilur Rochman SH SIK MH.

“Permintaan salam penyambutan dengan Gendang Beleq ini diminta langsung oleh bapak kapolda melalui bapak Kapolres. Tentu ini menjadi kebanggan tersendiri bagi kami karena ditunjuk sebagai penyambut bapak Kabaharkam Polri”. Ungkapnya

Pentas Gendang Beleq ini mendapat apresiasi dari bapak Kabaharkam beserta rombongan. Acungan dua jempol dan tepuk tangan meriah dari para penonton pun langsung semarak ketika Gendang Beleq Polres Loteng ini beraksi. Di balik itu semua, AKP Pratiwi mengakui waktu latihan para “Personel Besapuq” ini sangat singkat yaitu hanya dimantapkan pada saat gladi resik beberapa jam sebelum kedatangan saja. Hal ini dikarenakan perintah mengisi acara sambutan yang cukup mendadak yaitu pada pukul 10 malam satu hari sebelum hari H . Namun “Tidak ada yang Sulit untuk Prajurit Tangguh” pungkasnya.

Di lain tempat Kapolres Loteng AKBP Kholilur mengungkapkan asal muasal ide mendirikan sebuah grup Gendang Beleq yang dimainkan para personelnya ini. “Gendang Beleq ini sifatnya Fundamental sekali di masyarakat Lombok terutama Masyarakat Lombok Tengah,” katanya. Menurut Polisi nomor satu di Lombok Tengah ini, Ia ingin membuat apa yang menjadi identitas warganya terpancar juga di polisi-polisinya sekaligus mengajak masyarakat untuk ikut melestarikan budaya-busaya lokal yang sekarang sudah mulai ditinggalkan.

Penulis & Publish : Rozian

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password