Polresta Kediri Tindak Tegas Truk Galian C

Tribratanews.polri.go.id –Polresta Kediri – Ratusan truk pengangkut material tanah dan batu hasil tambang galian C di Desa Bulusari, Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri setiap hari melintasi jalan perkampungan. Bobot muatan ini ditengarai melebihi kapasitas kelas jalan.

Perangkat Desa Bulusari Daim mengaku, pemerintah desa pernah menegur beberapa sopir truk karena muatannya di atas kapasitas. Tetapi, teguran tersebut hanya berlaku beberapa saat.
“Muatannya bisa mencapai 8 ton untuk tiap truk. Sedangkan kelas jalannya hanya 5 ton. Akibatnya babak ruas jalan rusak akibat seringnya dilalui,” kata Daim,

Truk truk bertonase besar ini mengambil material batu dan tanah dari lokasi tambang galian C di Desa Bulusari. Material tersebut kabarnya dibawa ke proyek pembangunan jalan tol Kertosono – Solo. Berdasarkan data pemerintah desa, sehari tidak kurang 200 unit truk yang melintasi jalan perkampungan.

Pantauan di lokasi, ratusan truk ini beroperasi sejak pagi hingga sore hari. Material yang dimuat terlihat melebihi bak tampung. Sopir menutup bagian atas menggunakan terpal.

Terpisah Kasat Lantas Polresta Kediri AKP Amirul Hakim mengaku, akan segera berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri guna menindaknya. Kasat berjanji bakal menegakkan aturan hukum yang berlaku.

“Kalau benar melanggar aturan, pasti akan kita tindak. Tentunya kita akan berkoordinasi dengan dinas terkait yaitu, Dishub,” tandas Hakim.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, masyarakat di Desa Bulusari mengeluhkan polusi debu yang ditimbulkan oleh armada pengangkutan material galian C yang melintasi jalan. Warga banyak yang terserang penyakit batuk dan pilek, sedangkan para pengrajin kerupuk merasa produknya tercemari. Di Desa Bulusari ini merupakan sentra produksi kerupuk andalan Kediri.

 POLRESTA KEDIRI

Penulis             : DIDIK

Editor               : Umi Fadilah

Publish                         : YULI,DIDIK

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password