Liburan Tahun Baru Polres Karanganyar Siapkan Tim Ganjal Ban di Tanjakan

dscn2207

Polda Jateng-Polres Karanganyar menyiapkan tim Satuan Tugas (Satgas) Ganjal Ban untuk mengantisipasi serbuan wisatawan menjelang libur tahun baru kemarin (30/12/2016). Tim tersebut diterjunkan di daerah lokasi wisata seperti Tawangmangu, Ngargoyoso, dan Jenawi.

Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjuntak, SIK, MSi melalui Kasubbag Pengendalian Operasi AKP Suwarsi menjelaskan, satgas ganjal ban ditempatkan di jalur tanjakan di jalur pariwisata. Tujuannya untuk mengantisipasi dan membantu kendaraan roda dua ke atas jika mogok di tengah jalan tanjakan. Satgas tersebut rutin diterjunkan setiap libur panjang yang dipadati wisatawan.

”Seperti di kawasan Tawangmangu ini selalu ramai wisatawan setiap liburan. Wisatawan meningkat sampai 80 persen dari biasanya,” jelas AKP Suwarsi.

Dijelaskan, satgas ganjal ban tersebut dibekali alat pengganjal ban yang terbuat dari kayu. Mereka bersiaga di jalur tanjakan. Seperti halnya jalan tembus lama di Desa Gondosuli, Tawangmangu. Jalur tersebut masih dilalui wisatawan yang ingin berlibur ke Jawa Timur. Tak jarang, kendaraan roda empat mogok di tengah jalan.

”Apalagi wisatawan tidak hanya lokal, tapi dari luar daerah cukup banyak. Tak sedikit ada yang belum menguasai medan tanjakan,” imbuhnya.

Jalur wisata yang dinilai cukup terjal adalah jalur menuju Candi Cetho Jenawi, jalur menuju Candi Sukuh Ngargoyoso dan jalur menuju Tawangmangu. Dia menghimbau wisatawan memperhatikan kondisi kendaraannya sebelum berwisata.

”Kondisi ban, rem dan kampas kopling harus selalu dicek. Karena jalur tanjakan pastinya akan lebih banyak remnya,” tegasnya.

Tim Bhayangkara PID Promoter Polres

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password