Jelang May Day, Polres Brebes Gelar Apel Kesiapan Pengamanan

Tribratanewspolri.go.id, Brebes -Brebes – Peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day pada Senin,1 Mei mendatang, sejumlah personil Polres Brebes, Polda Jawa Tengah melakukan apel kesiapan pengamanan Long Weekend dan May Day dihalaman Polres Brebes, Jumat (28/4/2017).

Apel kesiapan ini langsung dipimpin oleh Kapolres Brebes AKBP Luthfie Sulistiawan dan didampingi Wakapolres Kompol Mashudi beserta pejabat Polres dan Polsek jajaran Polres Brebes.

Peringatan May Day yang bertepatan dengan libur panjang Sabtu-Minggu ini, membuat Polres Brebes dan jajarannya benar-benar melakukan siaga. Disamping antisipasi adanya lonjakan arus yang dimanfaatkan oleh pemudik, ada beberapa tempat juga yang dijadikan obyek pengamananan selama libur panjang yang disusul libur Nasional peringati hari buruh.

Sedikitnya 494 personel gabungan disipakan untuk antisipasi libur panjang ini. Hal tersebut seperti yang disampaikan Kapolres Brebes saat mengecek kesiapan pasukan pengamanan. ‎Satu persatu barisan pleton dilakukan pemeriksaan dalam apel kesiapan pengamanan libur panjang dan hari buruh internasional ini.

“Semuanya di periksa, mereka sudah paham dimana tempat ploting masing-masing anggota,” kata Kapolres.

Menurutnya, apel kesiapan pengamanan ini dimaksudkan sebagai bentuk antisipasi kerawanan situasi Kamtibmas.

Disebutkan, setidaknya ada 4 empat lokasi yang menjadi sasaran pengamanan. Disamping penggal-penggal jalan antisipasi peningkatan arus, tiga lokasi lainya adalah obyek –obyek vital yang diprediksi akan mengalami peningkatan aktifitas. Diantaranya adalah SPBU-SPBU, Tempat Perbelanjaaan (Mall) dan obyek Wisata.

Dilokasi tersebut Kapolres mengistruksikan kepada anggota untuk menyediakan adanya pengeras suara. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat yang tengah beraktifitas maupun menikmati suasana liburan. “Kita ingin‎ memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat di wilayah hukum Polres Brebes,” tegasnya.

Sementara itu, ditambah oleh Kapolres bahwa pada tanggal 1 Mei mendatang yang bertepatan dengan peringatan hari Buruh Internasional disampaikan bahwa diwilayah Kabupaten Brebes tidak ada agenda aksi Unra oleh para buruh maupun serikat pekerja. Hal tersebut seperti yang disampaikan Kapolres usai memimpin apel kesiapan. Dimana pihaknya telah berkoordinasi dengan Ketua SBSI Brebes, Raharjo.

Dijelaskan Luthfie, sebenarnya akan ada aksi yang dilakukan oleh SBSI, namun setelah diadakan pendekatan dan komunikasi agenda tersebut dialihkan dalam bentuk giat bakti sosial berupa pemmbagian nasi bungkus dan paket sembako kepada anak yatim dan tukang becak di seputar Alun-alun Brebes. Disamping itu juga akan dilaksanakan penanaman 3.265 bibit pohon sengon dan buah-buahan yang akan digelar didesa Kubangpari Kecamatan Kersana.

“Namun demikaian kegiatan sosial yang akan dilaksanakan SBSI Kabupaten Brebes ini akan dikawal dan diamankan oleh personel yang telah disiapkan,” pungkasnya. (Hms Res BBS)

Penulis : Sarinto

Editor  : Umi Fadilah

Publish: Sarinto

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password