Diduga Tidak Masuk Dalam Sijil Awak Kapal, Nakhoda Kapal Bermuatan Hewan Sapi Diperiksa Oleh Subdit Gakkum.

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar – Ditpolairud, Kapal Polisi KP. Batulayang VI-3002 selain melaksanakan tugas patroli pengamanan alur perairan di sungai kapuas juga melaksanakan penindakan terhadap kejahatan/ pelanggaran yang terjadi di wilayah perairan. Kamis (27/04/2017)

Sekira pukul 10.00 Wib Subdit Gakkum Ditpolairud menerima pelimpahan perkara dari KP. Batu Layang VI-3003 tentang dugaan tindak pidana pelayaran terhadap KLM. KELUARGA MAKMUR JAYA GT. 129 yang di Nakhodai oleh sdr. Hasim dengan jumlah abk 9 orang dengan muatan sapi sebanyak 620 ekor, dari hasil interogasi ditemukan bahwa kapal berlayar dari Telaga Biru Madura tujuan Pontianak diduga seluruh crew atau ABK tidak masuk dalam sijil sebagaimana dimaksud dalam pasal 224 undang-undang no.17 tahun 2008 tentang pelayaran (setiap orang yang bekerja di kapal dalam jabatan apapun harus memiliki kompetensi, dokumen pelaut, dan disijil oleh Syahbandar).

Namun setelah di teliti lebih lanjut, Subdit Gakkum Ditpolairud melakukan koordinasi dengan pihak agen pelayaran KLM. Keluarga Makmur Jaya, sdr. H. Sulaiman yang ada di Pontianak menjelaskan “bahwa seluruh abk kapal masuk dalam sijil awak kapal dan memiliki buku pelaut”, kesalahan terjadi akibat kelalaian dari pihak agen pelayaran KLM Keluarga Makmur Jaya yang berada di Madura yang tidak mencantumkan dokumen tersebut, terhadap perkara ini subdit gakkum Ditpolairud akan melimpahkan ke pihak KSOP Pontianak sebagai pihak yang berwenang memberikan teguran atau sanksi administrasi.

Kasi Gakkum Ditpolair AKBP Gusti Maychandra Lesmana S.Ik melalui Kasi Tindak Kompol Dudung Setyawan, SH, S.Ik menambahkan “kami tidak akan henti-hentinya melakukan himbauan kepada seluruh pemilik kapal dan nakhoda agar lebih mengutamakan keselamatan, memperhatikan kelengkapan dokumen- dokumen yang wajib berada di atas kapal serta kelaikan kapal sebelum melakukan pelayaran sehingga terciptanya suatu kondisi kamtibmas yang tertib di wilayah perairan”.

Penulis :Mahrani/ Wahyu.
Editor : Umi Fadillah/ Sugeng. HS
Publish : Cucu Safiyudin.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password