Kapolda Kaltim Hadiri Peletakan Batu Pertama Masjid Muhammad Cheng Ho Samarinda

Tribratanews.polri.go.id, SAMARINDA,- Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs. Safaruddin dalam rangkaian Safari Jumat ke Samarinda, Kalimantan Timur menyempatkan diri untuk menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Masjid Muhammad Cheng Ho di Kompleks Yayasan Sumber Mas “Jos Sutomo”, Jl Ruhui Rahayu 1, Samarinda, Kaltim, Jumat (28/4/2017) pagi.

Kapolda Kaltim mendapat kehormatan untuk meletakkan batu pertama bersama para pejabat setempat, perwakilan Gubernur Kaltim, Kemenag Prov. Kaltim, Walikota Samarinda, Ketua MUI, ketua organisasi lintas agama yang tergabung dalam FKUB, para ulama, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

28-masjid-chengho-samarinda-3“Pembangunan masjid merupakan amal jariyah nantinya. Seperti dalam salah satu hadist, barang siapa membangun masjid maka akan dibangunkan istana di surga,” kata Kapolda Kaltim dalam sambutan singkatnya, sembari berharap masjid Muhammad Cheng Ho Samarinda ini tidak hanya untuk kegiatan ibadah saja, tetapi juga untuk kegiatan sosial dan kegiatan positif lainnya.

Hal itu sesuai dengan apa yang diucapkan oleh Jos Sutomo, pengusaha Muslim Thionghoa yang membangun masjid ini. Jos mengatakan, masjid yang dibangun di atas lahan seluas  8,7 hektare nantinya bisa menampung sekitar 800 jamaah. Selain kegiatan ibadah untuk salat lima waktu, dan kegiatan-kegiatan keagamaan, di depan halaman masjid nantinya juga akan dipenuhi rombong-rombong tempat kaki lima untuk berjualan.

28-masjid-chengho-samarinda-2Seperti penampakan masjid-masjid “Cheng Ho” lainnya di Nusantara, masjid Cheng Ho di Samarinda yang merupakan masjid ke-16 di Indonesia ini didominasi warna merah dan hijau. Bentuk dan ornamennya bernuansa Tiongkok lama, dengan pintu di sampingnya berupa Pagoda bertingkat 7.

Saat ini, Masjid Cheng Ho juga terdapat di Km 20 Jalan poros Samarinda-Balikpapan atau tepatnya di Kelurahan Batuah, Kutai Kartanegara. Bangunan khas dengan gaya ornamen  Tiongkok lama berwarna merah itu tak pernah sepi dari jamaah, terutama bagi para musyafir yang sedang melakukan perjalanan antara kota. Masjid ini pembangunannya juga dibiayai oleh Jos Sutomo.

Penulis: Baim

Editor: Umi Fadillah

Publish: Humas Polda Kaltim

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password