Menipu Korban Puluhan Juta, Calo CPNS di Banggai Ditahan

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulteng / Polres Banggai, Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Banggai menahan pelaku calo penerimaan CPNS berinisial HD alias A (40), yang merupakan PNS di kantor Camat Luwuk Utara. Penahanan ini atas laporan dari korban Muh Afrizal pada 17 Mei 2016 lalu.

“Bukti sudah cukup. Sehingga, tersangka HD sudah ditahan di sel tahanan Polsek Luwuk,” ungkap Kasubag Humas Polres Banggai, AKP Wiratno Apit SH MH, saat Press Release di Aula Cakra Manggala Mapolres Banggai, Jumat (28/4/2017).

Ia megungkapkan, berdasarkan hasil pemeriksaan korban, tersangka HD alias Aca menjanjikan korban untuk menjadi PND di lingkungan Pemda Banggai pada Maret 2015 lalu. Bahkan, korban akan diberikan Surat Keputusan (SK) sebulan kemudian. “Kalau tidak jadi PNS, maka uang akan dikembalikan secara utuh,” tuturnya.

Perjanjian itu dibuat dalam surat pernyataan. Atas dasar itulah, sehingga korban menyerahkan uang yang diminta tersangka sebanyak Rp 50 juta. Uang ini diberikan secara bertahap, yakni, pada tanggap 30 Januari 2015 diberikan sebesar Rp 32 juta, sisanya pada 2 Februari sebesar Rp 18 juta. “Tak hanya itu, tersangka juga meminta biaya tambahan sebesar Rp 4,8 juta dengan alasan membawa berkas korban ke Makassar,” paparnya.

Kasubbag juga membeberkan, masih ada lagi korban lain yang dijanjikan menjadi PNS. Seperti, Elsi yang memberikan uang sebesar Rp 9,5 juta, Faisal Murdiah Rp 38 juta, dan Fitri senilai Rp 22 juta. Dari hasil pemeriksaan, diduga masih ada korban lain.

Tersangka dijerat dengan pasal 378 KHUP, dengan ancaman hukuman 4 tahun kurungan penjara. “Sejauh ini, barang bukti yang sudah diamankan berupa 2 lembar kwitansi dan 1 lembar surat pernyataan. Dan penyidik sudah memeriksa 3 orang saksi,” beber Kasubbag.

Dikatakan, penahanan tersangka HD pada Rabu 26 April lalu, karena tersangka tidak kooperatif. Sebab, sudah dilayangkan dua kali surat panggilan, namun tersangka tidak menyahuti panggilan penyidik,” tandasnya.

Penulis   : Khaerudin

Editor     : Umi Fadilah

Publish   : Khaerudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password