Pemuda Peras Anak Di Bawah Umur

Tribratanews.polri.go.id, Polres Pasuruan : Kasus penipuan yang terjadi di masyarakat kian marak. Seperti yang terjadi di Pasuruan, seorang pemuda melakukan penipuan terhadap anak di bawah umur. Rudiyanto (28), warga asal Dusun Kauman RT 02 RW 02 Desa Wonokasian Kecamatan Turen Kabupaten Malang yang tinggal sementara di Kos Jl Hasanudin Kelurahan Jogosari Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan ini harus diamankan Petugas Unit Reskrim Polsek Pandaan Polres Pasuruan, kemarin malam, Kamis (27/04/2017).

Rupanya, pemuda yang bekerja sebagai pedagang ini diamankan petugas lantaran telah melakukan tindak pidana pemerasan terhadap seorang anak dibawah umur yang berinisial TH (17), dipinggir jalan yang termasuk Dusun Kwangen Desa Plintahan Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan.

Kanit Reskrim Polsek Pandaan Polres Pasuruan, IPTU Agus Purnomo SH, menjelaskan bahwa pelaku melihat korban bersama dengan teman perempuannya yang berinisial ERN (16) sedang berduaan dipinggir jalan. Kemudian pelaku mendatangi korban dan menuduh sedang berbuat mesum, selain menuduh pelaku tiba-tiba meminta kunci kontak sepeda motor korban dengan alasan untuk dibawa ke Pak RT setempat, karena takut akhirnya korbanpun menyerahkan kunci kontaknya.

“Selain meminta kendaraan korban, pelaku juga sempat meminta uang tunai sejumlah Rp 300.000,- dan handphone milik korban, dengan alasan supaya urusan itu cepat diselesaikan, karena tidak memiliki sejumlah uang yang dimaksud, akhirnya korban tidak menuruti permintaan pelaku dan hanya menyerahkan kendaraannya saja, lanjut pelaku langsung mengendarai motor korban dan meninggalkan korban serta teman korban begitu saja,” tambahnya.

 Mengalami kejadian tersebut, korban langsung membuat status di sebuah akun media sosial Blackberry Messanger yang berisikan meminta pertolongan kepada teman-temannya, selanjutnya teman-teman korban yang membaca status tersebut langsung meminta tolong bantuan warga sekitar TKP, hingga akhirnya pelaku berhasil ditangkap dan langsung dihakimi massa.

Petugas Polsek Pandaan yang saat itu sedang melakukan patroli dan melihat keramaian langsung mendatangi TKP. Pelaku yang bersimbah darah langsung diamankan petugas, beserta korban dan barang buktinya langsung digiring ke Polsek Pandaan untuk menjalani proses penyidikan lebih lanjut. Merasa tak terima, korbanpun langsung melaporkan kejadian pemerasan itu kepada Petugas.

“Kini akibat perbuatannya, pelaku harus mendekam dibalik jeruji Rumah Tahanan Polsek Pandaan dan dijerat Pasal 368 Jo 53 KUHP dengan ancaman maksimal 9 tahun penjara” Kata Kanit Reskrim Polsek Pandaan.

Penulis    : Ajie

Editor      : Umi Fadhilah

Publish    : Sholeh hs

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password