Antisipasi Karhutla, Polsek Pemulutan Bangun 3 Sekat Kanal

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sumsel / Polres Ogan Ilir, Kanal blocking atau sekat kanal merupakan salah satu metode yang efektif untuk mengantisipasi kekeringan di lahan gambut bila musim kemarau datang. Untuk itu sebelum kemarau datang, kanal-kanal yang berisi air disekat sehingga air yang ada didalamnya tidak sampai kering.

Lahan gambut disekitar kanal akan mendapat sumber air sehingga tetap basah atau lembab. Kondisi tersebut tentu dapat mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, “ ujar Kapolres Ogan Ilir AKBP M Arief Rifa’i SIK melalui Kapolsek Pemulutan AKP Helmy Adriansyah SH. Kamis (27/4/2017) saat pembuatan kanal di depan Ponpes Darul Tauhid Desa Arisan Jaya.

Masih dikatakan Kapolsek, pembuatan kanal non permanen ini dibagi pada tiga dua di Desa Arisan Jaya dan satu Desa Talang Pangeran Ulu Kabupaten Ogan Ilir. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Kapolda Sumsel dan Kapolres Ogan Ilir.

“ Fungsi kanal untuk menahan air, ketika musim kemarau lahan masih basah atau lembab sehingga mampu meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Pembangunan sekat kanal merupakan gabungan Polsek Pemulutan bersama Babinsa dan anggota Polsek Pemulutan lainnya serta masyarakat setempat.” Ungkapnya

“ Pembuatan sekat kanal sudah berjalan selama tiga hari dilakukan dari pagi sampai siang. Rencananya kedepan kita akan buat di desa – desa lain terutama daerah yang dinilai rawan kebakaran. Disamping itu kita akan siapkan pompa air untuk peralatan pemadam kebakaran,” pungkasnya.

Penulis : Yulius

Editor.  : Umi Fadilah

Publish : Yulius

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password