Satpolair Polres Banyuwangi Bersih Bersih Sampah di Laut

Tribratanews.polri.go.id, poldajatim- Pasang air laut yang membawa sampah sampai ke tepi perairan Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, membuat anggota Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Banyuwangi bersikap. Material sampah yang hanyut hingga mendekati tembok belakang Markas Satpolair itu akhirnya diangkat ke darat.

Aksi bersih-bersih ini dilakukan dalam rangka peduli perairan agar bersih dan indah. Selaku penjaga laut, kegiatan seperti itu hampir tiap hari dijalankan personil Satpolair. Menurut AKP Subandi, sigap terhadap kebersihan pantai termasuk salah satu tugas Korps Biru-Biru. Tanpa menunggu perintah, anggota yang melihat sampah di laut akan melakukan pembersihan.

“Prinsip satu hati peduli lingkungan selalu kita tanamkan pada anggota. Kalau pantai bersih ikan serta trumbu karang akan tumbuh dengan baik,” kata Kasat Polair Polres Banyuwangi.

Menjaga keamanan dan kebersihan perairan tidak hanya tugas aparat. Masyarakat yang tinggal di kawasan pesisir juga punya tugas yang sama. Perilaku membuang sampah di  laut merupakan salah satu sikap warga yang tepat dalam menjaga kelestarian perairan.

“Penyu dan biota laut lain sering kali memakan sampah plastik yang mengambang di permukaan karena menyangka ubur-ubur. Sampah plastik ini tidak dapat dicerna oleh penyu sehingga menyebabkan kematian,” lanjutnya.

Penulis    : Deddy

Editor      : Umi Fadhilah

Publish    : Sholeh hs

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password