Antisipasi Gejolak Maybrat, Polres Sorong Gelar Apel Gabungan

Tribratanews.polri.go.id-Apel gabungan TNI – Polri dipimpin oleh Kapolres Sorong AKBP Moch. Rudy Prasetya, S.ik dalam rangka mengantisipasi adanya gejolak dari massa pendukung pasangan calon – calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Maybrat Pasca Pengumunam hasil Putusan Mahkamah Kontitusi (MK) Sidang Gugatan Perselisiahan Hasil Pemilihan Umum Kepala Daerah Dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Maybrat Tahun 2017 di wilayah Kabupaten Sorong, Rabu (26/4/2017) pukul 09.00 Wit bertempat di lapangan Apel Polres Sorong.

Adapun arahan Kapolres Sorong yang harus diantisipasi dan menjadi acuan kegiatan adalah sebagai berikut :
Meningkatkan kewaspadaan dan kesiap-siagaan aparat TNI-Polri yang khususnya Fungsi Tehnis Polres Sorong dan Jajaran Polres Sorong guna mengantisipasi terburuk yang akan terjadi. Polisi harus proaktif melaksanakan deteksi dini dan penyelidikan terhadap kemungkinan terburuk yang akan terjadi seperti aksi unjuk rasa dengan menggerakkan massa dari berbagai elemen paska pengumuman MK.

Penggalangan dan pendekatan terhadap tokoh masyarakat, tokoh Adat, tokoh Agama, tokoh Pemuda dan tokoh Perempuan dan tim pemenangan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Maybrat secara terus menerus terus dilaksanakan guna mengatisipasi adanya reaksi dari tim sukses dan simpatisan yang dianggap ekstrim dan radikal yang akan memanfaatkan momentum untuk melaksanakan aksi unjuk rasa, sehingga menghindari tindakan pelanggaran hukum yang dapat merugikan semua pihak.

Tidak hanya itu, personil juga dituntut u tuk melakukan kesiap-siagaan personel dan kesiapan Personil yang dapat segera di gerakkan sewaktu – waktu dalam rangka mengahadapi pertikaian antar kelompok / massa simpatisan pasangan calon Bupati Kabupaten Maybrat sehingga dapat meminimalisir jumlah korban jiwa maupun materil.

Pihak Kepolisian juga melakukan penyekatan di perbatasan Kabupaten Sorong dan kabupaten Maybrat untuk mencegah terhadap masuknya massa simpatisan / pendukung pasangan calon dari luar Wilayah Kabupaten Sorong yang dimungkinkan akan bergabung dengan massa simpatisan yang berada di Wilayah Kabupaten Sorong serta meningkatkan Patroli di titik – titik yang dianggap rawan seperti basis massa masyarakat Maybrat di Wilayah Kabupaten Sorong.

Mengedepankan satuan Binmas guna Negosiasi Preventif apabila terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

Penulis : Iwa
Editor : Umi Fadilah
Publish : Putu Wredhi

Admin Polri55931 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password