400 Personel Gabungan Polres Mimika Amankan Pemberian Keterangan Saksi pada Sidang Sudiro

Tribratanews.polri.go.id Polda Papua, Mimika – Polres Mimika melaksanakan Pengamanan pelaksanaan Sidang Sudiro di dalam ruang sidang Pengadilan Negeri Kota Timika jalan Yos Sudarso Timika, Kamis (27/04/2017) siang.

Sidang ini terkait kasus pelaporan dugaan penggelapan dana yang dilakukan oleh Sudiro yang menjabat sebagai ketua PUK SPKEP SPSI.

Virgo Solossa yang menjadi saksi pada siding ini menjelaskan, sebelum menempuh jalur hukum untuk melaporkan terdakwa kepada Kepolisian Ia sudah menempuh jalur sesuai dengan AD ART yang tertuang dalam organisasi namun tidak ditanggapi.

“Saya sudah melalui prosedur yang sudah diatur dalam organisasi, bahkan sampai ke pusat, namun tidak ditanggapi,” kata Virgo dalam keterangan yang diberikan kepada Majelis Hakim.

Dalam keterangannya Virgo menjeaskan, ditetapkannya Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga ini, maka seluruh perangkat organisasi dan anggota wajib mematuhi, mempedomani dan melaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Sesuai ketentuan hasil Munas VI periode 2012-2017 dan Rapimnas tahun 2013, bahwa setiap anggota SPKEP SPSI termasuk PUK SPKEP SPSI PT. Freeport Indonesia akan dipotong upah kerjanya secara langsung.

“Berdasarkan Musyawarah Cabang PC SPKEP SPSI Kab. Mimika yang hasilnya besaran jumlah potongan dari setiap anggota PUK SPKEP SPSI PT. Freeport Indonesia berubah yakni dari iuran sebesar Rp. 10.000 menjadi sebesar Rp. 50.000 per anggota, namun dalam pelaksanaannya baru 6.463 yang sudah menjalankan iuran tersebut sebesar  Rp. 50.000, sedangkan 2.172 anggota lainnya masih membayar iuran sebesar Rp. 10.000,” kata Virgo.

Dari uang Iuran Anggota SPKEP SPSI PT Freeport Indonesia tersebut, kata Virgo ternyata terdakwa selaku Ketua PUK SPKEP SPSI PT. Freeport Indonesia tidak menyetor uang hasil iuran anggotanya tersebut ke PC SPKEP SPSI Kab. Mimika yang saat itu diketuai oleh saksi Virgo Henry Solossa.

“Sehingga organisasi PC SPKEP SPSI Kab. Mimika telah mengalami kerugian Rp. 3.392.821.295,-,” ungkap Virgo.

Dalam Sidang dengan agenda pemberian keterangan saksi yang juga sebagai pelapor ini Majelis hakim memutuskan untuk menunda sidang. Hal ini disebabkan masih banyaknya agenda sidang lainnya yang juga harus dilaksanakan.

Setelah mendengar keputusan dan disepakati oleh masing masing kedua belah pihak yakni JPU dan Penasehat hukum terdakwa sehingga pemberian keterangan 4 saksi lainnya akan dilanjutkan pada pekan depan dengan agenda masih mendengar keterangan saksi-saksi.

Untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan sidang, Polri dan TNI berjumlah sekitar 400 personel melakukan pengamanan di dalam ruang sidang, di luar gedung dan di jalan raya.

Penulis      : Hempi
Editor        : Umi Fadilah
Publisher  : Reinaldy N R

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password