Bahas Hak Guna Lahan, Polsek Unurum Guay Fasilitasi Pertemuan Warga dan Perusahaan

Tribratanews.polri.go.id Polda Papua, Sentani – Bripka Elizer Dike dan 7 personil Polsek Unurum Guay bersama Danramil Unurum Guay memfasilitasi Mertemuan masyarakat pemilik hak ulayat tanah Plasma dengan pihak Perusahaan Rimba Matoa Lestari di kantor PT Rimba Matoa Lestari kampung Garusa Distrik Unurum Guay, Rabu (26/04/17).

Masyarakat yang berjumlah 25 orang dengan mengatasnamakan pemilik hak ulayat mendatangi kantor PT. RML di kampung Garusa Distrik Unurum Guay dengan koordinator kegiatan Ketua LMA Distrik Mathias Sanggra dan Yohanis Ters selaku tokoh masyarakat.

Pihak perusahaan yang diwakili oleh Bagian Humas Adolf Simamora, DPC PT RML Robert Siregar, Senior manager PT. RML Tomang Hutagalung dan pihak perusahaan menyambut baik para pemilik hak ulayat dan mengajak mereka untuk menyampaikan aspirasi di dalam kantor.

Masyarakat yang datang meminta kepada pihak perusahaan untuk mengembalikan hak guna lahan Plasma seluas 4.400 ha yang selama ini diambil alih oleh perusahaan kepada pemilik yang berhak dan meminta penertiban sertifikat lahan plasma, bukan 1 sertifikat melainkan dibuat sertifikat masing-masing pemilik lahan dan koperasi plasma.

DPC PT. RML Robert Siregar menyarankan kepada pemilik lahan plasma untuk membuat surat tertulis yang isinya agar hak guna usaha dicabut dan diserahkan kembali kepada pemilik lahan ditujukan kepada Dirut PT RML.

“Perusahaan belum membuatkan sertifikat lahan plasma tersebut dikarenakan belum adanya kesepakatan antara perusahaan, pihak koperasi plasma dan pemilik hak ulayat lahan plasma. Pihak perusahaan akan mencatat semua aspirasi untuk diteruskan ke kantor pusat yang ada di Jakarta agar apa yang menjadi tuntutan pemilik hak ulayat diketahui dan segera dijawab oleh pimpinan pusat,”  kata Robert.

Saat dikonfirmasi Bripka Elizer Dike mengatakan, pihaknya memfasilitasi tuntutan warga agar dalam menyampaikan aspirasi kepada pihak perusahaan dapat menjaga ketertiban sehingga dalam pelaksanaan pertemuan tersebut pihak warga dan perusahaan bisa menerima.

“Sehingga pertemuan berjalan dengan aman dan tertib. Selesai pertemuan tadi warga langsung pulang ke rumah masing-masing,” ujar Bripka Eliezer.

Penulis      : Guntur
Editor        : Umi Fadilah
Publisher  : Reinaldy N R

Admin Polri54175 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password