Test Psikologi Bagi Anggota Polres Jayapura Terkait Penggunaan Senpi

Tribaratanews.polri.go.id Polda Papua, Sentani – Seluruh anggota Polres Jayapura pemegang senjata api (Senpi) maupun non pemegang senpi melaksanakan Test Psikologi oleh tim Psikologi Polda Papua di aula Polres Jayapura, Kamis (27/4/2017).

Pelaksanaan Test Psikologi oleh Penda I Nurlaily I., S.Psi, Bripka Endru Irawan dan Bripda Meliani Irjayanti ini dihadiri oleh Kapolres Jayapura AKBP Gustav R. Urbinas. SH.S.IK, Para Kabag Res Jayapura, Para Kasat Res Jayapura dan Anggota Res Jayapura.

Kapolres Jayapura AKBP Gustav R. Urbinas. SH. S.IK mengatakan bahwa anggota Polri tidak boleh panik dan takut dalam pelaksanaan tugas, karena satu butir peluru yang keluar harus dipertanggung jawabkan. Dalam pelaksanan tugas harus mampu menguasai atmosfir situasi dan pengendalian diri.

“Saya mengingatkan terkait pengamanan senpi yang mana hal ini sangat penting bagi para pemegang senpi sehingga anggota tidak boleh menganggap enteng penempatan dan pengamanan senpi yang dipercayakan untuk memegang senpi tersebut,” kata Kapolres.

Lanjut Kapolres, hasil Test Psikologi ini akan menentukan apakah anggota layak atau tidak dalam hal pinjam pakai senpi dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

“Bagi anggota yang dinilai tidak layak dan saat ini memegang senpi terpaksa akan kami tarik. Terkecuali ada pelaksanaan tugas yang sangat mendesak, akan diberikan pinjam pakai namun itu bukan untuk sehari hari. Serta bagi anggota yang tidak lulus dalam test ini akan diberikan ujian ulang dalam rentang waktu 1-3 bulan ke depan,” jelas Kapolres.

Lagi kata Kapolres, Pelaksanaan tes psikologi senpi bagi anggota pemegang senpi Polres Jayapura ini didukung oleh Tim Psikologi Polda Papua yang merupakan persyaratan mutlak bagi para anggota Polri untuk memegang senpi.

“Dengan dilaksanakanya test psikologi bagi pemegang senpi ini menjadi filter untuk menentukan layak dan tidaknya seorang anggota Polri dapat menggunakan senjata api dalam pelaksanaan tugas sehari-hari,” tegas Akbp Gustav Urbinas.

Penulis      : Guntur
Editor        : Umi Fadilah
Publisher  : Reinaldy N R

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password