Polsek Sumpiuh Banyumas Amankan Aspirasi Pelajar SMA 1 Sumpiuh

3

Tribratanews.polri.go.id, Polres Banyumas – Ratusan siswa siswi SMA Negeri 1 Sumpiuh Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, menggelar aksi damai menuntut Kepala Sekolah Drs. Sucipto M.Pd beserta anak perempuannya yang berinisial HN (15), untuk meminta maaf kepada seluruh warga SMA 1 Negeri Sumpiuh, serta menyerukan protes atas kebijakan pimpinan sekolah yang memangkas pembiayaan keorganisasian sekolah serta dinilai kurang berpihak kepada organisasi kesiswaan sekolah.

Aksi damai dilakukan di Lapangan Utama SMA Negeri 1 Sumpiuh pada rabu (26/04-2017) pagi, merupakan buntut dari viral beredarnya video di instagram percakapan antara Sucipto dengan HN didalam mobil pada pertengahan bulan April 2017, yang intinya pencakapan tersebut menyinggung tentang kinerja pembina keorganisasian SMA Negeri 1 Sumpiuh yang dirasa kurang profesional.

Meski aksi protes ini tertutup untuk umum, Anggota Polsek Sumpiuh tetap melaksanakan pengamanan aksi damai siwas siswi SMA Negeri 1 Sumpiuh tersebut secara persuasif, yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Sumpiuh AKP Sadjupri S.H untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Terkait kejadian ini Kasi SMA Yuniarso K Adi, menjelaskan pihak sekolah dituntut kedewasaannya dalam menyikapi, menyelesaikan, mengkomunikasikan secara dewasa dalam menghadapi suatu masalah sehingga masalah tersebut dapat diselesaikan dengan baik dan tidak mengorbankan anak didik.

“Semua sudah saling menyadari kelebihan dan kekurangannya, saya acungkan jempol untuk anak-anak, mereka bertanggungjawab, berkomitmen dan ini adalah salah satu cara menyelesaikan masalah secara mufakat. Terkait pemangkasan dana keorganisasian kami tidak melakukan pemangkasan”.jelas Sucipto.

Sementara Kapolres Banyumas AKBP Azis Andriansyah, S.H., S.I.K., M.Hum melalui Kapolsek Sumpiuh AKP Sardjupri S.H menghimbau kepada pihak sekolah agar sesegera mungkin berkoordinasi dengan kepala sekolah serta melakukan mediasi terkait tuntutan siswa siswi agar proses belajar mengajar tidak terganggu, dan menghimbau agar perserta aksi tidak berbuat yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

“Semoga kegiatan aksi ini tidak terjadi lagi dikemudian hari, karena dipastikan dapat mengganggu proses belajar mengajar dan kejadian ini bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua untuk lebih bijaksana dalam menanggapi suatu masalah.” harap AKP Sardjupri.

Penulis : Wahyu (Polsek Sumpiuh)/Hindra
Editor : Umi Fadilah
Publish : Frismi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password