Kasat Lantas Polres Inhil, Sosialisasikan UU No. 22 Tahun 2009, Kepada Personel Peserta Apel Pagi

Tribratanews.polri.go.id – Polres Inhil

Kasat Lantas Polres Inhil AKP Jusli, S.H, bertindak sebagai Perwira Pengawas dan pengambil apel pagi Personel Polres Inhil, Kamis 27 April 2017. Seperti biasa, sebagai Pawas, AKP Jusli, S.H, menyampaikan informasi tentang situasi kamtibmas di wilayah hukum Polres Inhil dan Polsek jajaran. Selain informasi tersebut Pawas juga menyampaikan beberapa informasi lain menyangkut Fungsi Teknis yang diembannya.

Kali ini, materi yang disampaikan AKP Jusli, adalah penerapan UU No. 22 Tahun 2009, tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pasal yang dibahas yakni tentang pasal 231 UU No. 22 Tahun 2009, yang berbunyi, bahwa setiap pengemudi yang terlibat kecelakaan lalu lintas juga memiliki tanggung jawab antara lain wajib : a. Menghentikan Kendaraan yang dikemudikannya; b. Memberikan pertolongan kepada korban; c. Melaporkan kecelakaan kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia terdekat; dan d. Memberikan keterangan yang terkait dengan kejadian kecelakaan. Juga disampaikan pasal 232 UU No. 22 Tahun 2009, yang berbunyi, setiap orang yang mendengar, melihat, dan (atau) mengetahui terjadinya kecelakaan lalu lintas wajib memberikan pertolongan kepada korban Kecelakaan Lalu Lintas. Lalu melaporkan kecelakaan dan memberikan keterangan kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Sanksi hukum bagi orang yang tidak mengindahkan pasal 231, diatur dalam pasal 312 UU No. 22 Tahun 2009, yang berbunyi, bila orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor yang terlibat Kecelakaan Lalu Lintas dan dengan sengaja tidak menghentikan kendaraannya, tidak memberikan pertolongan, atau tidak melaporkan Kecelakaan Lalu Lintas kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia terdekat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 231 ayat (1) huruf a, huruf b, dan huruf c tanpa alasan yang patut, mereka akan dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun atau denda paling banyak Rp. 75.000.000,00 (tujuh puluh lima juta rupiah).

AKP Jusli mengatakan, bahwa penyampaian beberapa bunyi pasal dalam UU No. 22/2009 itu, kepada personel Polres Inhil adalah untuk memberi pengetahuan kepada Personel Polres Inhil, baik yang bertugas di Fungsi Lantas atau di Fungsi lain, dengan maksud, personel Polres Inhil, bisa menyampaikan pula kepada keluarganya sendiri dan masyarakat di lingkungannya. “Personel Polri, harus bisa menjadi contoh tauladan bagi keluarga dan masyarakat”, tutup AKP Jusli.

Penulis   : Heriman Putra

Editor     : Umi Fadilah

Publish   : Heriman Putra

Admin Polri56608 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password