Empat Berkas Perkara P. 21, Sat Lantas Polres Inhil, Jalankan Profesionalisme Penegakan Hukum

Tribratanews.polri.go.id – Polres Inhil

Dua hari berturut – turut, Unit Laka Sat Lantas Polres Inhil, melimpahkan berkas perkara kecelakaan lalu lintas, ke Jaksa Penuntut Umum dari Kejaksaan Negeri Indragiri Hilir. Pelimpahan perkara ini, juga  disertai dengan penyerahan tersangka dan barang bukti tahap II.

Dimulai pada hari Selasa tanggal 25 April 2017, Unit Laka Sat Lantas telah menyerahkan tersangka Lendrayati binti Syarifudin dan barang bukti. Laka lantas dengan LP, nomor : LP/09/II/2017/LL/Res Inhil, tanggal 23 Februari 2017, terjadi di TKP, Jalan Lintas Provinsi Pulau Palas Kec. Tembilahan Hulu, Kamis, 23 Februari 2017, melibatkan kendaraan Sepeda Motor Honda Vario Tekno, BM 6223 GU, yang dikendarai oleh Lendrayati dengan sepeda motor Honda Scoopy, BM 6656 NO, yang dikendarai oleh Yudi Astuti (MD). Hari itu juga dilimpahkan, berkas perkara dengan tersangka Sarino Bin Sariman dan barang bukti. Laka lantas dengan LP nomor : LP/10/III/LL/Res Inhil tanggal 27 Februari 2017, terjadi di TKP Jalan Lintas Timur KM 269 Dusun Tualang Desa Keritang Kec. Kemuning, Senin, 27 Februari 2017, yang melibatkan kendaraan sepeda motor Honda Beat F1, BM 2550 GV yang dikendarai Sarino dengan sepeda motor Honda Beat, BM 3064 GV yang dikendarai Arkisman (MD). Sesuai dengan Surat Pemberitahuan dari Kejari Inhil, hasil penyidikan dinyatakan sudah lengkap (P. 21). Penyerahan tersangka dan barang bukti tersebut, langsung diterima oleh JPU Sumitya, SH di ruangan Staf Pidum Kejari Inhil.

IMG-20170427-WA0056Kemudian pada hari Rabu tanggal 26 April 2017, kembali  diserahkan ke JPU, tersangka dan barang bukti atas dua LP Laka lantas yaitu berkas perkara dengan tersangka Paiman Bin Misran dan barang bukti. Laka lantas dengan LP nomor : LP/07/II/2017/LL/Res Inhil tanggal 16 Februari 2017, terjadi di TKP KM 292 Kelurahan Selensen Kec. Kemuning, yang terjadi pada hari Rabu, 15 Februari 2017, antara truck Mitsubishi Colt Diesel, BK 8927 CF, yang disopiri Paiman dengan pejalan kaki Hj. Amrah (MD) dan H. Sudirman (LB), serta pelimpahan berkas perkara dengan tersangka Rahmat Abdullah Bin Udin dan barang bukti. Laka lantas ini dengan LP nomor : LP/08/II/LL/Res Inhil tanggal 23 Februari 2017, terjadi di TKP Jalan Baharudin Yusuf  Kelurahan Tembilahan Kec. Tembilahan, antara sepeda motor Yamaha Vixion, AE 6358 VS, yang dikendarai oleh Rahmat Abdullah dengan sepeda dayung, yang dikendarai oleh Abdul Gafar (LB). Kedua berkas perkara, sesuai Surat Pemberitahuan dari Kejari, hasil penyidikan dinyatakan sudah lengkap (P. 21). Penyerahan tersangka dan barang bukti tersebut, juga langsung diterima oleh JPU Sumitya, S.H, di ruangan Staf Pidum Kejari Inhil.

Kasat Lantas Polres Inhil AKP Jusli, S.H, mengatakan bahwa dengan penyerahan tersangka dan barang bukti yang dinyatakan sudah lengkap oleh JPU, adalah tindak lanjut dari Program Prioritas Kapolri untuk melaksanakan penegakan hukum yang lebih profesional dan berkeadilan. “Disamping itu, juga untuk menambah kepercayaan masyarakat terhadap profesionalisme penegakan hukum, dalam hal penyelesaian perkara laka lantas”, imbuh AKP Jusli.

Penulis   : Heriman Putra

Editor     : Umi Fadilah

Publish   : Heriman Putra

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password