Polsek Mojotengah Polres Wonosobo Himbau Warga Tak Pakai Racun Untuk Tangkap Ikan

tribratanews.polri.go.id, Wonosobo – Pemerintah melarang penggunaan bahan kimia dan racun pestisida atau strom dalam menangkap ikan baik di Laut, Danau maupun Sungai. Penggunaan bahan berbahaya dapat menyebabkan rusaknya ekosistem perairan dan pencemaran bagi lingkungan, yang akibatnya bisa mematikan ikan kecil. Bahkan kalau di laut bisa memusnahkan jenis ikan tertentu.

Mengatasi hal itu, Aipda Nursidiq Partomo, SH Unit Patroli Polsek Mojotengah, menghimbau kepada Aminudin (45 th) saat mencari ikan ditepian Sungai Serayu supaya tidak menggunakan bahan kimia dan racun pestisida atau strom dalam menangkap ikan. Rabu (26/4/2017).

Himbauan itu juga dilakukan oleh Kapolsek Mojotengah Polres Wonosobo Polda Jawa Tengah AKP ISMANTA, S.H., kepada Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat maupun warga, baik himbauan melalui petugas Polmas/Bhabinkamtibmas maupun himbauan secara langsung pada saat anggota melaksanakan patroli rutin diwilayah pedesaan.

“Memang kalau mencari ikan dengan bahan kimia / racun pestisida maupun stroom hasilnya sangat menjanjikan tidak butuh lama bisa untuk bisa dapatkan ikan yang banyak, tapi bisa merusak ekosistem sungai.” katanya. “Namun kalau dikonsumsi manusia juga akan meracuni tubuh. Strom juga membahayakan bagi diri mupun orang lain di radius dekatnya,” ujar Kapolsek.

“Kami selalu menghimbau Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat maupun secara langsung kepada warga, mungkin masyarakat ada yang belum faham tentang peraturan atau undang-undang tentang larangan tersebut. Alhasil sekarang banyak warga yang sadar untuk mencari ikan tidak menggunakan racun pestisida dan strom,” tutur AKP Ismanto.

Ditempat terpisah pengakuan Edy Suyono warga Kalibeber yang hobi mancing mengatakan bahwa untuk beberapa tahun terakhir mencari ikan dengan cara mancing di sungai maupun parit sulit mendapatkan hasil yang memuaskan, hasil tangkapan kecil-kecil. “Tidak seperti tahun 90-an kita mancing di sungai maupun danau bisa mendapatkan hasil yang memuskan, besar besar bisa untuk mata pencaharian, untuk menghidupi keluarga,” katanya

Penulis : Sidiq

Editor : Umi Fadilah

Publish : Rahmad ZaZg

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password