Kapolres Way Kanan Lampung Menghadiri Acara Adat Begawi

Tribratanews.polri.go.id – Polres Way Kanan, Pemkab way kanan dalam memperingati Hut kabupaten way kanan ke-18 telah melaksanakan upacara adat lampung Begawi penganugrahan Penyimbang Marga kehormatan di gedung serba guna way kanan, Begawi merupakan proses pengambilan kedudukan kepunyimbangan dalam adat lampung lima kebuayanupacara tersebut merupakanuntuk melestarikan tradisi-budaya dan memberikan kehormatan kepada seseorang yang dianggap pantas atau sudah berjasa kepada masyarakatdi tanah sang bumi ruwai jurai khususnya kabuapten way kanan, Rabu (26/04)

IMG_2264

hadir dalam lokasi acara adat lampung (begawi) tersebut terdiri dari,  Kapolres Way Kanan AKBP Yudy Chandra Erlianto, S.Ik MH berikut Bupati Way Kanan H. Raden Adipati Surya, S.H., MM, Komandan Kodim 0427 Way Kanan Letkol Inf. Uchi Cambayong, Wakil Bupati Way Kanan, Ketua DPRD Way Kanan, kajari way kanan, ketua pengadilan agama Way Kanan, Ketua pengadilan negeri kab way Kanan, Camat se-kab.Way Kanan, Ketua MPAL Way Kanan, penyimpang adat pemuka way kanan,  pejabat utama polres way kanan, tokoh agama, tokoh masyarakat Forkopimda,  kepala dinas jajaran pemkab way kanan dan para tamu undangan kurang lebih 500 orang, tujuan digelarnya upacara adat begawi tak lain untuk pemberian gelar penyimbang menurut adat istiadat masyarakat Daerah Lampung yang biasa dikenal dengan upacara pemberian gelar untuk adat Pepadun lampung.

IMG_2117 (2)

Acara  dimulai pukul 09.00 wib dengan arak-arakan mulai dari rumah dinas bupati menujuh ke gedung serba guna,setelah diawali  dengan pembacaan lantunan ayat-ayat suci al-quran dan doa selanjutnya proses acara adat dipimpin bupati way kanan,dalam acara begawi adat Lampung tahun 2017 ini, Kapolres way kanan AKBP Yudy Chandra Erlianto, S.IK. MH telah lantik dan diberikan gelar adok sebagai Pengiran Bhayangkara berserta istri nyonya Yenny Yudy Chandra mendapatkan gelar Ratu Bhayangkara dan Bripda Annisa nur fauziah polwan polres way kanan yang diberi adok oleh marga baradatu sebagai Batin Cahaya yang merupakan warga kabupaten way kanan yang berperstasi.

IMG_2132 (2)

Dalam hal ini bupati way kanan mengatakan mengucapkan beribu-ribu terimakasih kepada warga lampung kabupaten way kanan telah menghadiri dan menganugerahkan penyimbang marga kehormatan, Semoga dengan kegiatan seperti ini kedepannya dengan dukungan masayarakat way kanan kita dapat membangun dan menjadikan kabupaten way kanan lebih maju lagi. Selanjutnya guna menjaga adat kebuayan di kabupaten way kanan kita semua khususnya untuk generasi muda diharapkan harus lebih meningkatkan kekompakan satu sama lain untuk melestarikan adat istiadat di kabupaten way kanan,”ucapnya

Kapolres way kanan AKBP Yudy Chandra Erlianto, S.IK. MH. Mengucapkan selamat kepada bupati way kanan dan wakil bupati way kanan yang telah melaksanakan upacara adat begawi serta mendapatkan penyimbang marga kehormatan semoga dengan hal ini dapat lebih memajukan Kabupaten way kanan berdaya saing . selanjutnya kapolres way kanan mengucapkan terimakasih kepada seluruh personil polres maupun jajaran dan masyarakat kabupaten way kanan dapat bersama-sama dalam menjaga ketertiban kelancaran serta kemanan tanpa ada halangan apapun selama acara berlangsung, “Pungkasnya.

Penulis : Afrian Eka Putra

Editor   : Umi Fadilah

Publish : Ekap

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password